22 Jul 2024

UMKM Desa Polengan Ikuti Pelatihan Digital Marketing, Branding dan Packaging

Perubahan zaman dan teknologi membuat semua perusahaan dituntut untuk berubah. Perubahan ini tidak hanya berlaku untuk perusahaan skala besar saja, namun juga untuk UMKM dituntut berubah agar dapat bertahan dalam pasar yang semakin kompetitif. Salah satu perubahan nyata yang tidak bisa ditolak adalah adanya internet yang menjadi bagian penting manusia dewasa ini.

Keberadaan internet ini memberikan dampak yang besar termasuk dalam dunia bisnis, banyak perusahaan maupun UMKM semakin melebarkan sayapnya ketika mereka menggunakan internet dalam bisnis mereka, khususnya penjualan melalui internet.

Peluang besar ini juga dilihat oleh BUMDES dan UMKM di Desa Polengan, namun banyak UMKM Desa Polengan yang masih belum mengetahui dan paham bagaimana untuk dapat melaksanakan pemasaran digital.

Oleh karena itu, Pengabdian dari Riset Grup Ekonomi Kreatif yang diketuai Prof. Dr. Asri Laksmi Riani, MS dengan anggota Prof. Dr. Hunik Sri Runing Sawitri, S.E., M.Si,  Suryandari Istiqomah, SE, MSc,  Dra. Anastasia Riani Suprapti, M.Si dan Dr. Intan Novela Qurrotul Aini, S.E., M.Si. memberikan pelatihan Digital Marketing, Branding dan Packaging.

Dalam pelatihan ini, tim pengabdi melibatkan mahasiswa-mahasiswa untuk memberikan pelatihan kepada UMKM.

Pelatihan terbagi menjadi 3 sesi, dimulai dari pelatihan branding dengan narasumber Brillian Raiszhul. Brillian mengajak pelaku UMKM untuk mengetahui bagaimana caranya agar calon konsumen dapat tertarik hanya dengan melihat foto produk saja, pastinya harus memilih angle yang pas dengan komposisi warna tidak terlalu mencolok dan tidak terlalu pucat.

Untuk sesi kedua adalah packing agar setelah pelaku UMKM mengetahui pengambilan gambar yang baik bisa membangun branding produk harus diimbangi dengan packing yang bisa menambah nilai produk yang dijual. Sesi ini diisi oleh Salsabilla Indah dengan mengadakan pelatihan mendesign kemasan yang baik dan memikat calon konsumen.

Sesi terakhir ditutup dengan pembekalan digital marketing dengan narasumber Afifah Hanindia yang mengajak bapak ibu pelaku UMKM untuk mendaftarkan usahanya dibeberapa sosial media, seperti Instagram dan Facebook serta e-commerce Shopee yang bisa membuat produk dijangkau banyak orang dan bisa meningkatan pendapatan warga Desa Polengan.

Setelah pelatihan dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan monitoring dan  pemberian bantuan kepada peserta. (Tetri)