22 Jul 2024

RG Ekonomi Kreatif Beri Pelatihan Inovasi Produk bagi BUMDES dan UMKM Desa Polengan

Pandemi Covid-19 mempengaruhi segala sektor kehidupan, mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga perekonomian masyarakat yang menjadikan semua bentuk usaha di berbagai level usaha mengalami banyak perubahan dan hambatan. Dampak tersebut sangat dirasakan para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dalam pengelolaan usahanya dilakukan oleh individu atau perorangan.

Untuk tetap bertahan, maka UMKM harus terus berkreativitas dan berinovasi untuk memberikan produk dan layanan prima kepada konsumennya. Hal ini juga yang menjadi perhatian BUMDES dan UMKM di Desa Polengan, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang yang ingin memiliki inovasi dari bahan-bahan yang ada disekitar daerah mereka yang selama ini belum dikelola secara baik.

Keinginan dari BUMDES dan UMKM ini kemudian direspon oleh Kelompok pengabdi dari Riset Group Ekonomi Kreatif, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNS yang diketuai oleh Prof. Dr. Asri Laksmi Riani, MS dengan memberikan Pelatihan Inovasi Produk berbahan baku sayuran setempat.

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2022 bersama Bapak Bambang Tri Admojo yang mendemokan beberapa masakan berbahan local di depan peserta dari BUMDES dan UMKM desa Polengan.

Dalam pelatihan ini didemokan 3 macam makanan yaitu kripik daun singkong, bayam krispi dan bolu tiwul.

Selama pelatihan, pelatih memberikan materi dan meminta bapak ibu peserta untuk langsung ikut dalam proses pembuatan makanan tersebut. Peserta juga dapat melakukan tanya jawab selama proses pelatihan berlangsung.

Peserta terlihat bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini terlihat dari peran serta mereka untuk ikut serta dalam proses produksi makanan. 

Selain inovasi produksi, kegiatan pengabdian ini juga mendorong BUMDES dan UMKM Desa Polengan juga melaksanakan inovasi pemasaran melalui internet. Oleh karenanya Tim Pengabdi juga memberikan peralatan yang mendukung penjualan online yang diserahkan kepada pihak desa yang diberikan pada tanggal 10 Oktober 2022 yang berlangsung di Desa Polengan. (Tetri)