Bisnis Digital

Testimoni

Dengan masih terbatasnya jumlah prodi S-1 Bisnis Digital di Indonesia, prodi ini akan memiliki kontribusi tinggi pada pengembangan keilmuan khususnya di bidang keuangan digital, pemasaran digital, dan tata kelola digital. Bidang tata kelola digital memang sudah di-cover secara sebagian di prodi S-1 Administrasi Publik atau S-1 Teknik Informatika, namun fokus prodi S-1 Bisnis Digital FEB UNS adalah pada penerapan tata kelola di bidang bisnis dan analisis data yang digunakan untuk membuat keputusan-keputusan bisnis yang strategis, baik di sektor pemerintahan maupun swasta. Selain itu, keilmuan keuangan digital dan pemasaran digital juga tidak banyak dikaji (ditawarkan) di universitas-universitas di Indonesia baik melalui jenjang D-3, D-4, S-1, maupun S-2. Prodi S-1 Bisnis Digital FEB UNS tidak hanya fokus pada pengelolaan bisnis digital, namun juga teknologi keuangan (fintech) yang saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Fokus dari Prodi S-1 Bisnis Digital FEB UNS tidak hanya pada hardskill namun juga pada softskill mahasiswa sebagai manajer di sektor publik dan perusahaan atau digital enterpreneur. Sebagai contoh, menurut Welchaman (2015), setidaknya ada 3 konsep berhubungan dengan softskill penting yang dibutuhkan dalam digital governance yaitu: 1) Digital Strategy: sebagai pendekatan organisasi untuk memanfaatkan kemampuan internet dan world wide web, dan memiliki dua aspek yaitu prinsip panduan dan sasaran kinerja; 2) Digital Policy: kebijakan digital yang melandasi pengelolaan pelayanan secara online; dan 3) Digital Standard: standar digital untuk memastikan kualitas dan efektivitas digital yang optimal, seperti kedalaman informasi, strategi, serta spesifikasi taktis yang terkait dengan informasi.

Pasar potensial di era sekarang ialah terkait bisnis digital. Banyak peluang terbuka pada pasar tersebut, namun talenta di bidang tersebut masih minim. Sehingga, dengan adanya Prodi S1 Bisnis Digital akan membawa mahasiswa yang siap dan dibutuhkan di era sekarang.

Keunggulan :

Prodi S-1 Bisnis Digital FEB UNS melalui Center for Fintech and Banking juga menjajaki berbagai kerjasama dengan berbagai institusi baik dari industri (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia, Asosiasi Fintech Indonesia, dan Asosiasi Pengusaha Indonesia), regulator (Otoritas Jasa Keuangan dan Lembaga Penjamin Simpanan), dan akademik (Bangor University UK, Universitas Putera Malaysia, Universta Roma Tre Italy, dan Global Fintech Institute) dalam rangka mengembangkan keilmuan, kualitas pembelajaran dan kualitas lulusan. Dengan kerjasama model pentahelix, Prodi S-1 Bisnis Digital FEB UNS akan melibatkan industri, pemerintah, masyarakat, komunitas dan akademisi yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan membangun lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri dan perkembangan zaman.

Deskripsi Mata Kuliah Program Studi Manajemen

No Mata Kuliah Deskripsi Mata kuliah
1 Bahasa Indonesia Mata kuliah ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa pada metode penalaran ilmiah, khususnya dasar-dasar dalam memilih diksi yang tepat, mengembangkan kalimat yang efektif, mengembangkan paragraf, dan merencanakan penulisan ilmiah (makalah, tugas akhir, dan tesis).
2 Bisnis Pengantar Mata kuliah ini menjelaskan tentang aktivitas bisnis secara komprehensif dan terintegrasi. Materi yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah definisi bisnis, dinamika dan perkembangannya, lingkungan yang mempengaruhinya, organisasi terkait, fungsi bisnis, dan cara mengelola aktivitas bisnis. Mahasiswa diharapkan memahami konsep dasar bisnis dengan segala aspek dan fenomena yang terkait.
3 Manajemen Mata kuliah ini mempelajari manajemen organisasi berdasarkan fungsi-fungsi dasar manajemen. Materi yang dipelajari adalah konsep dasar manajemen dalam mengelola organisasi dan perkembangannya, lingkungan manajerial, perencanaan organisasi, pengorganisasian, pengarahan organisasi, dan pengendalian organisasi. Mahasiswa diharapkan memahami dasar-dasar manajemen organisasi.
4 Perilaku Organisasional Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar dan implementasi budaya organisasi. Materi yang dipelajari adalah asumsi dan isu terkait adaptasi eksternal dan integrasi internal; pendalaman asumsi dalam Perilaku Organisasi; signifikansi, tipologi, dan survei dalam Perilaku Organisasi; munculnya Perilaku Organisasi dan kepemimpinan; perubahan Perilaku Organisasi dan peran kepemimpinan dalam perubahan Perilaku Organisasi; serta pembelajaran Perilaku Organisasi, kepemimpinan, dan ilustrasinya. Mahasiswa diharapkan mampu memahami Perilaku Organisasi dalam suatu organisasi dan cara mengelolanya.
5 Matematika Bisnis Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan matematika bagi mahasiswa sebagai landasan dalam menguasai kompetensi di bidang bisnis dan ekonomi. Materi yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah konsep dasar matematika, fungsi matematika, kalkulus aljabar, dan aljabar linier. Mahasiswa diharapkan menguasai penerapan konsep-konsep tersebut dalam bidang ekonomi dan bisnis.
6 Ekonomi Makro Pengantar Mata kuliah ini membahas tentang masalah dasar dalam ekonomi makro, output dan pendapatan nasional, masalah jangka panjang dan jangka pendek, beban agregat dan output ekuilibrium, kebijakan fiskal, penawaran uang dan sistem bank sentral.
7 Akuntansi Pengantar I Mata kuliah ini membahas tentang topik-topik dalam akuntansi, mulai dari mengidentifikasi, mencatat, dan mengkomunikasikan kegiatan ekonomi organisasi kepada para pemangku kepentingan. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar yang bertujuan untuk memperkenalkan akuntansi sebagai bahasa bisnis.
8 Pendidikan Agama Siswa diarahkan untuk mengembangkan sikap yang sesuai dengan agamanya. Mata kuliah ini ditawarkan untuk lima agama besar di Indonesia, Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha.
9 Bahasa Inggris Mata kuliah ini mempersiapkan mahasiswa untuk menguasai kemampuan berbahasa Inggris dengan tujuan akademis guna menunjang proses pembelajaran seperti memahami membaca, menulis artikel ilmiah, dan menyampaikan argumentasi dalam bahasa Inggris. Topiknya meliputi tata bahasa, keterampilan menulis akademik, membaca dan mencatat, dan komunikasi bisnis.
10 Komunikasi Bisnis Komunikasi bisnis mencakup berbagai tema yang berkaitan dengan komunikasi, baik lisan maupun tulisan, dalam dunia bisnis. Selain prinsip-prinsip dasar dalam berkomunikasi, materi juga meliputi proses penulisan, pelaporan, dan pencapaian keberhasilan dalam komunikasi dengan memanfaatkan berbagai media komunikasi yang tersedia, termasuk pengenalan internet dan fasilitas yang tersedia. Berbagai persiapan memasuki lingkungan kerja, misalnya bagaimana mempersiapkan surat lamaran, resume, wawancara kerja, dan presentasi bisnis, juga dibahas dalam mata kuliah ini. Seiring dengan pesatnya globalisasi, komunikasi lintas budaya menjadi salah satu topik yang dipelajari dalam Komunikasi Bisnis.
11 Statistik Deskriptif Mata kuliah ini mempelajari dasar-dasar analisis statistik deskriptif untuk membantu dalam mengambil keputusan bisnis yang efektif. Mahasiswa diharapkan mampu memahami statistik dasar dan inferensial, probabilitas dan distribusi probabilitas, distribusi sampel dan sampling, serta mampu menjelaskan analisis indeks dan deret waktu.
12 Hukum Bisnis Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan aspek-aspek hukum yang berkaitan dengan kegiatan usaha. Topik yang akan dibahas dalam mata kuliah ini adalah kontrak bisnis, hukum untuk korporasi, perdagangan, sekuritas, penjaminan, kepailitan, kekayaan intelektual, perlindungan konsumen, dan sengketa bisnis.
13 Ekonomi Mikro Pengantar Mata kuliah ini berfokus pada deskripsi dan pemahaman tentang konsep ekonomi mikro sehingga mahasiswa mampu menggambarkan konsep dan implementasi ekonomi mikro dalam kehidupan nyata. Mata kuliah ini mencakup sepuluh prinsip ekonomi, kekuatan pasar dari penawaran dan permintaan, elastisitas dan penerapannya, biaya produksi, dan pengenalan ekonomi mikro lainnya.
14 Akuntansi Pengantar II Siswa diperkenalkan dengan definisi setiap elemen dalam laporan tahunan, mencatat transaksi, analisis data transaksi, dan akhirnya mengkomunikasikan hasilnya dalam laporan keuangan. Mahasiswa akan mempelajari proses analisis laporan tahunan dan peroses pengambilan keputusan sederhana. Di akhir mata kuliah mahasiswa dapat memahami teori dan keterampilan dasar dalam akuntansi dan dapat melakukan analisis yang diperlukan untuk membuat keputusan bisnis.
15 Manajemen Keuangan I Mata kuliah ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa pada konsep manajemen keuangan. Mata kuliah ini membahas topik-topik seputar manajemen keuangan dasar mulai dari pengenalan hingga manajemen keuangan; konsep dasar dalam pengelolaan keuangan seperti nilai waktu uang, laporan keuangan, pajak, dan analisis atas laporan keuangan; hingga pengelolaan aset keuangan, akan dibahas secara komprehensif.
16 Manajemen Pemasaran I Mata kuliah ini membahas salah satu bentuk manajemen dalam sebuah perusahaan yaitu manajemen pemasaran. Beberapa materi yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah konsep dasar manajemen pemasaran, analisis peluang pemasaran, bagaimana mengembangkan manajemen pemasaran, bagaimana membentuk penawaran pemasaran, dan bagaimana mengelola dan mendukung program pemasaran.
17 Manajemen Sumberdaya Manusia I Mata kuliah ini bertujuan untuk membangun pemahaman mahasiswa tentang konsep dasar, metode, dan teknik dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, dengan fokus pembahasan pada fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia sebagai fungsi bisnis dalam proses pengambilan keputusan strategis dan implementasinya. Berbagai fungsi seperti perencanaan sumber daya manusia, rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, manajemen karir, penilaian kinerja, sistem kompensasi dan hubungan karyawan, akan dibahas dari sudut pandang strategis dan teknis.
18 Manajemen Operasi I Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dalam manajemen operasi. Mata kuliah ini mempelajari fungsi manajemen dalam proses transformasi dari input hingga menghasilkan output di bidang manufaktur dan jasa secara mendalam.
19 Statistika Induktif Mata kuliah statistik induktif ini merupakan lanjutan dari mata kuliah statistik deskriptif. Mata kuliah ini mencakup materi statistika induktif yang dikembangkan dengan materi statistika multivariat. Statistik non parametrik juga akan diperkenalkan, namun mahasiswa di sarankan untuk mempelajari materi tersebut secara mandiri. Mata kuliah ini juga akan membahas penggunaan perangkat lunak yang umum digunakan dalam analisis statistik.
20 Akuntansi Biaya Mata kuliah ini membahas tentang penentuan biaya produksi, penggunaan harga pokok produksi untuk menentukan harga jual, pertimbangan penawaran kontrak, analisis profitabilitas berbagai produk, mengukur kinerja manajer dan subunit organisasi dan merancang sistem akuntansi yang sesuai dengan sistem produksi dan sistem distribusi dalam organisasi.
21 Praktik Teknologi Informasi
22 Kewirausahaan Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan kemauan mahasiswa untuk memulai usaha baru dengan menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan (kemandirian, kreativitas, pengambilan risiko, dan orientasi pada masa depan), dan fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan) secara benar.
23 Metodologi Penelitian Manajemen Mata kuliah ini membahas metode penelitian dalam manajemen dan pengembangannya, termasuk penelitian di bidang keperilakuan di berbagai bidang manajerial. Penjelasan mengenai konsep, variabel, dan teori yang digunakan dalam penelitian, serta proses yang harus diselesaikan dalam penelitian ilmiah, akan dijelaskan secara rinci dengan berbagai penjelasan. Pada akhir mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menyusun laporan penelitian.
24 Manajemen Keuangan II Mata kuliah ini membahas beberapa fungsi manajemen keuangan. Topik yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah seputar struktur modal dan leverage, perencanaan keuangan, dan pengelolaan modal kerja, serta topik khusus dalam pengelolaan keuangan, seperti konsep manajemen internasional, manajemen derivatif dan risiko, pembiayaan campuran, dan merger, akan disampaikan secara komprehensif. Materi pengelolaan keuangan difokuskan pada perusahaan publik non keuangan atau perusahaan yang terdaftar di pasar modal.
25 Manajemen Pemasaran II Manajemen Pemasaran II secara umum membahas tentang strategi dalam manajemen pemasaran dan kebijakan yang diambil oleh manajer pemasaran. Strategi manajemen pemasaran adalah metode atau cara pengambilan keputusan dalam pemasaran. Topik utama yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah teori dan pendekatan strategi dalam manajemen pemasaran, prinsip dan konsep, serta pengembangan manajemen pemasaran.
26 Manajemen Sumberdaya Manusia II Mata kuliah ini merupakan pengembangan dan pendalaman mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manajemen (SDM) dan Perilaku Organisasi (PO) yang ditawarkan pada semester sebelumnya. Manajemen SDM II mempelajari penerapan konsep teoritis dari Manajemen SDM dan PO dalam menyelesaikan studi kasus. Melalui diskusi kasus diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan ide dalam memahami konsep teoritis, praktik, dan analisis dalam mengelola manajemen sumber daya manusia dalam suatu organisasi.
27 Manajemen Operasi II Mata kuliah ini membahas tentang manajemen operasi di suatu perusahaan yang meliputi peramalan, perencanaan kapasitas, manajemen inventaris, perencanaan agregat, MRP, penjadwalan jangka pendek, manajemen proyek, lean production, pemeliharaan, dan statistic quality control. Selain itu, mata kuliah ini juga mempersiapkan mahasiswa untuk menghasilkan proposal penelitian di bidang manajemen operasi melalui kajian literatur dari berbagai artikel dari jurnal ilmiah.
28 Sistem Informasi Manajemen Mata kuliah ini membahas konsep manajemen teknologi informasi. Beberapa sub bidang yang akan dibahas antara lain: teknologi informasi sebagai sarana untuk mencapai keunggulan kompetitif di pasar global, konsep sistem dan metode dalam siklus hidup sistem, sistem informasi manajemen dan perangkat IT, dasar dalam pemrosesan komputer, manajemen database, dan komunikasi, serta sistem informasi akuntansi, sistem informasi manajemen, dan decision support system.
29 Pendidikan Kewarganegaraan Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman terkait urgensi identitas nasional, bangsa dan konstitusi, demokrasi Indonesia, dan radikalisme.
30 Ilmu Kealaman Dasar Mata kuliah ini berfokus pada identifikasi dan pembahasan materi alam semesta, biosfer, proses siklus hidup, kinerja ekosistem untuk menganalisis perilaku manusia terkait dengan menjaga dan memelihara lingkungan.
31 Penganggaran Perusahaan Mata kuliah ini membahas tentang konsep dalam penganggaran, teknik dalam penganggaran, serta berbagai bentuk dan jenis anggaran yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Anggaran perusahaan merupakan alat yang komprehensif, terintegrasi, dan penting untuk merencanakan dan mengendalikan laba, bagi semua organisasi, baik laba maupun nirlaba.
32 Manajemen Strategik Mata kuliah ini membahas tentang perencanaan menyeluruh di tingkat perusahaan, antara lain pemahaman konsep dan teknik dalam merumuskan strategi dan pelaksanaan strategi. Sub materi ini meliputi pengertian dan pentingnya strategi, konsep dasar dan alat analisis, perumusan strategi, dan pelaksanaan strategi. Beberapa kasus mengenai perumusan strategi untuk perusahaan bisnis tunggal, perumusan strategi untuk diversifikasi perusahaan, pelaksanaan strategi dan kepemimpinan strategis, serta kasus-kasus strategis, etika, dan tanggung jawab sosial, akan dibahas dalam mata kuliah ini.
33 Riset Operasi Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk menerapkan pendekatan dan model matematika dalam pengambilan keputusan bisnis. Materi yang termasuk dalam mata kuliah ini adalah: pengenalan metode kuantitatif, konsep probabilitas dan penerapannya, analisis keputusan, peramalan, model pengendalian persediaan, program linier, transportasi dan penugasan, model jaringan, manajemen proyek, teori antrian, dan pemodelan simulasi kontrol kualitas statistik. Mahasiswa diharapkan mampu menguasai berbagai bentuk penerapan metode kuantitatif dalam pengambilan keputusan bisnis.
34 Ekonomi Manajerial Mata kuliah ini membahas tentang penerapan teori ekonomi dan alat analisis dalam pengambilan keputusan untuk mempelajari bagaimana perusahaan mengambil keputusan manajerial yang optimal dengan kendala-kendala yang ada. Materi yang dibahas dalam mata kuliah ini antara lain ruang lingkup ekonomi manajerial, analisis permintaan, analisis produksi dan biaya, struktur pasar dan penetapan harga, analisis risiko, dan keputusan investasi jangka panjang.
35 Kuliah Kerja Manajerial/Kegiatan Magang Mahasiswa Magang mahasiswa adalah kegiatan intrakurikuler yang dilakukan oleh mahasiswa pada instansi pemerintah atau swasta sesuai dengan bidang studinya. Magang merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa untuk mencapai pengalaman di dunia kerja. Program ini diharapkan dapat melengkapi pengetahuan teoritis yang disampaikan di kelas. Dengan demikian, mahasiswa akan memiliki pemahaman yang lebih luas tentang manajemen dari penerapannya di dunia praktis dan tidak terbatas pada pendekatan teoritis.
36 Akuntansi Manajemen Mata kuliah ini membahas tentang penggunaan informasi akuntansi manajerial (khususnya informasi keuangan) untuk keperluan manajemen perusahaan seperti perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan. Secara khusus mata kuliah ini membahas (a) perilaku biaya, (b) hubungan VBP, (c) balanced scorecard, (d) biaya variabel, (e) biaya berdasarkan aktivitas (ABC), (f) biaya relevan untuk pengambilan keputusan, dan (g) penganggaran modal.
37 Manajemen UKM dan Koperasi Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai koperasi dan UKM, baik secara teoritis maupun empiris, serta dari aspek filosofis, konseptual, dan manajerial. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengenal, mendefinisikan, mendalami, dan menerapkan konsep koperasi dan UKM dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.
38 Perekonomian Indonesia Mata kuliah ini memberikan kompetensi pelengkap bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam menganalisis perekonomian Indonesia dengan berbagai metode dan diterapkan pada kebijakan publik. Materinya meliputi (1) sejarah Perekonomian Indonesia; (2) sistem Perekonomian Indonesia; (3) Pendapatan nasional; (4) jumlah penduduk dan tenaga kerja di Indonesia; (5) Kesetaraan dan Kemiskinan Indonesia; (6) Pengembangan Industri dan Perbankan; (7) uang beredar dan inflasi; (8) Kebijakan moneter; (9) anggaran fiskal dan nasional; (10) Perdagangan internasional dan neraca dan pembayaran; (11) pembangunan pertanian; (12) Pengembangan ekonomi kerakyatan dan UMKM
39 MK Pilihan Umum 1
40 MK Pilihan Umum 2
41 Praktik Manajemen I (e-Business)
42 Praktik Manajemen II (Olah Data)
43 Praktik Manajemen III (Aplikasi Minat Studi) Mata kuliah ini melatih mahasiswa untuk memecahkan masalah dalam penelitian dengan menggunakan software statistik seperti SPSS dan SEM AMOS/PLS. Topik utama yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah uji validitas dan reliabilitas, uji beda rata-rata dua sampel dan banyak sampel, serta pengujian pada hubungan multivariabel yang kompleks. Kursus ini difokuskan pada keterampilan operasional dalam perangkat lunak terkait.
44 MK Pilihan Minat Studi ke 1
45 MK Pilihan Minat Studi ke 2
46 MK Pilihan Minat Studi ke 3
47 Manajemen Keuangan III
Manajemen Sumberdaya Manusia III
Manajemen Pemasaran III
Manajemen Operasi III
48 Kuliah Kerja Nyata KKN merupakan bagian dari program di perguruan tinggi yang menempatkan mahasiswa di lingkungan luar kampus agar mereka dapat belajar hidup bersama masyarakat, membantu dan memberdayakan masyarakat dalam menggali potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam untuk memecahkan masalah masyarakat.
49 Praktik Simulasi Manajerial Mata kuliah ini mengadopsi simulasi peran manajerial dalam lingkungan kerja nyata sebagai desain pembelajaran. Mahasiswa ditempatkan pada posisi tertentu dalam suatu perusahaan dan menjalankan perannya dalam jabatan tersebut, serta memiliki otoritas dalam pengambilan keputusan. Mata kuliah ini dilaksanakan dengan bekerjasama dengan praktisi dari industri tertentu dalam menilai karya mahasiswa dari tugas yang diberikan, apakah mahasiswa telah menyelesaikan tugas sesuai atau relevan dengan praktek bisnis saat ini.
50 Studi Kelayakan Bisnis Mata kuliah ini membahas tentang proses-proses dalam mengembangkan ide kreatif, kemudian mengolah dan menganalisisnya menjadi bisnis yang nyata. Mata kuliah ini difokuskan pada kompetensi dalam mengembangkan ide, kemudian dilanjutkan dengan kompetensi untuk menganalisisnya dari aspek pemasaran, sumber daya manusia, teknis dan operasional, dan aspek lainnya, serta menyusun laporan studi kelayakan bisnis untuk mendukung pengembangan ide menjadi bisnis nyata atau perwujudan dari sebuah ide. Materi ini difokuskan pada kemampuan menganalisis suatu ide baru dan ide untuk mengembangkan suatu usaha, baik usaha menengah maupun usaha kecil.
51 Pancasila Mata kuliah ini mengulas kerangka konseptual, landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Pancasila dalam konteks sejarah negara, Pancasila sebagai dasar bangsa, Pancasila sebagai ideologi, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai sistem etika, dan Pancasila sebagai paradigma pengembangan ilmu pengetahuan.
52 Manajemen Perbankan Mata kuliah ini mempelajari tentang manajemen perbankan baik secara teori maupun aplikasi. Secara khusus mata kuliah ini mempelajari tentang struktur perbankan, kinerja keuangan perbankan, manajemen risiko perbankan, likuiditas, pengelolaan dana pihak ketiga, dan kebijakan perkreditan.
53 Skripsi / Tugas Akhir Program KM Skripsi atau tugas akhir adalah karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa melalui proses konsultasi dengan pembimbing skripsi, yang ditulis menurut kaidah dan norma karya ilmiah, berdasarkan hasil studi lapangan, laboratorium, studi pustaka, dan atau studi lain yang sesuai dengan bidangnya, sebagai syarat terakhir untuk meraih gelar sarjana.

KURIKULUM

 

Tabel Struktur Kurikulum (Mata Kuliah Wajib)
Semester Nama Mata Kuliah Bobot SKS
Teori Praktik
I 1 Bahasa Indonesia 2 0
2 Mikroekonomi Pengantar 3 0
3 Makroekonomi Pengantar 3 0
4 Matematika dan Statistik Bisnis 3 0
5 Akuntansi Pengantar 3 0
6 Bisnis Digital 3 0
7 Manajemen Pengantar 3 0
Total Semester I 20 0
II 1 Pendidikan Agama 2 0
2 Bahasa Inggris 3 0
3 Jejaring komunikasi data 3 0
4 Prinsip Pemasaran 3 0
5 Dasar-dasar Perbankan 3 0
6 Informatika dan Komputer Dasar 3 0
7 Keuangan Perusahaan 3 0
Total Semester II 20 0
III 1 Perencanaan Keuangan Personal 3 0
2 Analisis dan Desain Sistem 3 0
3 Perbankan Syariah 3 0
4 Etika Digital 3 0
5 Perbankan digital dan Fintech 3 0
6 Media Sosial dan Visualisasi 3 0
7 Pengantar Hukum Bisnis 3 0
8 Mata Kuliah Pilihan 1 3 0
Total Semester III 24 0
IV 1 e-Governance Principles and Models 3 0
2 Dasar Pemrograman 2 1
3 Blockhain, Uang Kripto, dan Aplikasinya 3 0
4 Pembelajaran Mesin dan Intelegensi Artifisial Terapan 3 0
5 Dasar-dasar Sistem Informasi 3 0
6 Sistem Informasi Manajemen 3 0
7 Perilaku Konsumen 3 0
8 Mata Kuliah Pilihan 2 3 0
Total Semester IV 23 1
V 1 Perdagangan Elektronik 3 0
2 Bisnis UMKM dan Start-Up 3 0
3 Sistem Database 3 0
4 Jejaring dan Keamanan Data Bisnis 3 0
5 Studi Kelayakan Bisnis 2 1
6 Kewirausahaan dan Inovasi 1 1
7 Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi 1 3 0
8 Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi 2 3 0
Total Semester V 23 0
VI 1 Ekonometrika Terapan atau Analisis Multivariat Terapan 3 0
2 Studi Kasus Bisnis Digital 3 0
3 Design Thinking: Ilmu pengambilan keputusan 3 0
4 Praktik Pengembangan Web dan Aplikasi Bisnis 0 1
5 Magang Industri 0 2
6 Metode Riset  Bisnis 3 0
7 Seminar Proposal Tugas Akhir (Riset empiris/Desain Aplikasi/Studi Kasus) 3 0
8 Praktik Bisnis Digital 0 1
Total Semester VI 15 4
VII 1 Pancasila 2 0
2 Pendidikan Kewarganegaraan 2 0
3 Perekonomian Indonesia 3 0
4 Kuliah Kerja Nyata 0 2
5 Tugas akhir (Riset Empiris/ Desain aplikasi/ Studi Kasus) 6 0
Total Semester VII 13 2
  Total SKS 145

 

Tabel Struktur Kurikulum (Mata Kuliah Pilihan)
Semester Nama Mata Kuliah Bobot SKS
Teori Praktik
III Mata kuliah pilihan umum
1 Manajemen SDM & Tim Kerja 3 0
2 Manajemen Operasi 3 0
3 Komunikasi Bisnis 3 0
IV Mata kuliah pilihan umum
1 Manajemen Strategik 2 0
2 Keuangan Mikro 3 0
3 Academic writing 1 1
4 Writing business report 1 1
V Mata kuliah pilihan konsentrasi pemasaran digital
1 Strategi Pemasaran Digital 3 0
2 Komunikasi Pemasaran Digital 3 0
3 Perilaku Konsumen Digital 3 0
4 Marketing Analytics (Analisis Pemasaran) 3 0
V Mata kuliah pilihan konsentrasi keuangan digital
1 Fintech Syariah 3 0
2 Crowdfunding & Fintech Ecosystem 3 0
3 Valuasi Fintech 2 1
4 Fixed Income & Derivatif 3 0
V Mata kuliah pilihan konsentrasi tata kelola digital
1 Administrasi & kebijakan publik 3 0
2 e-Governance 3 0
3 e-Government 3 0
4 e-Budgeting 3 0
5 e-Supply Chain 2 1

 

Prodi S-1 Bisnis Digital tentunya adaptif terhadap program MBKM Kemdikbud. Dasar pelaksanaan MBKM akan memamfaatkan beberapa kerjasama yang telah dilakukan oleh FEB UNS, PUI PT Center for Fintech and Banking, Asosiasi Profesi (AFPI, AFTECH, GFI), Pemangku Kebijakan dan Regulator (OJK, BI, LPS), partner Universitas di LN program ERASMUS+ OPTBANK (University of Limoges, Bangor University, Technical University of Crete, dan University Rome III), dan partner Universitas LN lainnya (University of Loughborough, Hamad bin Khalifa University, Universiti Putra Malaysia, Curtin University).

Beberapa contoh teknis pelaksanaan kegiatan MBKM di Prodi S-1 Bisnis Digital dapat diuraiakan sebagai berikut:

  1. Pertukaran pelajar. Dengan adanya kerjasama-kerjasama legal berbasis MoU seperti telah disebutkan diatas, mahasiswa Prodi S-1 Bisnis Digital dapat difasilitasi untuk mendapatkan pengalaman mengikuti perkuliahan di kampus mitra kerjasama dan akan mendapatkan bobot 20SKS di transkrip nilai. Apabila mahasiswa menghendaki di kampus yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, maka UPM dapat menjadi pilihan yang cukup menarik. UPM saat ini menempati peringkat 4 di Malaysia dan 100 besar di dunia (by subject) menurut QS. UPM juga sudah terakreditasi AACSB, salah satu lembaga akreditasi yang prestisus di bidang ekonomi dan bisnis. Terkait dengan pendanaan, UNS juga memfasilitasi mahasiswa yang berprestasi melalui program pertukaran pelajar dengan dana Program Lompatan Kreatif UNS maupun dana Prodi S-1 Bisnis Digital. Disisi yang lain, apabila mahasiswa cukup mampu untuk kuliah di Eropa atau Australia, maka prodi juga telah memiliki kerjasama dengan beberapa kampus yang disebutkan diatas, seperti Bangor University (UK) atau Curtin University (Australia).
  2. Magang. FEB UNS memiliki MoU dengan OJK, BI, dan LPS dan telah dibuktikan dengan berbagai macam kerjasama penelitian. Dalam 2 tahun terakhir, FEB UNS melalui PUI-PT Center for Fintech and Banking memiliki 5 kerjasama penelitian dengan ketiga lembaga tersebut. Dengan demikian, kesempatan bagi mahasiswa Prodi S-1 Bisnis Digital untuk mendapatkan kesempatan magang 6 bulan (setara 20SKS) di lembaga tersebut sangat terbuka lebar.
  3. Riset. FEB UNS adalah salah satu leading faculty bidang ekonomi dan bisnis di Indonesia yang memiliki publikasi di jurnal internasional bereputasi. Calon dosen tetap di Prodi S-1 Bisnis Digital sebagian besar adalah lulusan dari Universitas terkemuka di luar negeri dan mereka telah berpengalaman dalam menerbitkan artikel tidak hanya di jurnal internasional bereputasi namun jurnal-jurnal tersebut juga diterbitkan oleh penerbit-penerbit besar seperti Elsevier, Taylor-Francis, Springer, World Scientific, dll (lihat di Kriteria 2.1. dan di CV Dosen Tetap). Sehingga, program MBKM riset justru akan menjadi salah satu keunggulan dari prodi S-1 Bisnis Digital. Apalagi, saat ini beberapa kompetisi hibah penelitian yang diselenggarakan OJK, BI, LPS, Kemenkeu, dan lembaga pemerintah lainnya seringkali mengusung topik Bisnis Digital maupun Keuangan Digital yang perkembangannya memang menjadi perhatian pemerintah.
  4. Wirausaha. Menjadi entrepreneur digital adalah salah satu profil lulusan Prodi S-1 Bisnis Digital. Karenanya, prodi tidak hanya akan memberikan pembelajaran baik secara teori maupun praktik tentang wirausaha digital namun juga menyelenggarakan kegiatan riil untuk mengasah skill wirausaha digital mahasiswa. Sebagai contoh, di tahun 2021 ini FEB UNS berkolaborasi dengan PUI-PT Center for Fintech and Banking menyelenggarakan UNS Digital Innovation Challenge sebagai ajang kompetisi bagi mahasiswa yang memiliki ide-ide aplikasi (start-up) yang selanjutnya bisa didanai oleh Prodi maupun UNS. Selain itu, saat ini UNS secara kelembagaan memiliki direktorat baru yaitu Direktorat Riset dan Inovasi yang bertugas sebagai inkubator start-up inovasi digital mahasiswa di UNS. Salah satu program utama Direktorat Riset dan Inovasi di tahun 2021 adalah SEMESTA (Sebelas Maret Start-up Academy) dengan total pendanaan inkubasi mencapai Rp 2 Milyar bagi pra-start-up di UNS. Prodi S-1 Bisnis Digital akan mendanai dan/atau memotivasi mahasiswa untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan seperti ini.

Alumni program studi S1 Bisnis Digital memiliki prospek kerja di bidang bisnis rintisan berbasis teknologi dan informasi, industri keuangan dan perbankan, serta industri yang tengah berkembang lainnya seiring dengan perkembangan teknologi. Selain itu, alumni akan memiliki kompetensi profesi yang diprediksi akan mengalami kenaikan permintaan di lapangan pekerjaan dalam lima tahun kedepan berdasarkan The Future of Job Report 2020 oleh World Economic Forum. Profesi-profesi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

 

No Pekerjaan Keterangan
1 Analis Bisnis Digital (Digital Business Analyst)

 

Profesi ini mengevaluasi dan mempelajari informasi lalu lintas web dalam perusahaan untuk memberikan rekomendasi kepada perusahaan dalam meningkatkan bisnis seperti pemberian informasi, layanan dan pengembangan produk digital.

 

2 Profesional Pengembang Bisnis (Business development professionals)

 

Profesi ini bertanggung jawab untuk mengidentifikasi peluang untuk pertumbuhan bisnis dan mengoptimalkan strategi pemasaran perusahaan melalui analisis proses bisnis dan keuangan, mengimplementasikan rencana bisnis, dan membangun jaringan perusahaan yang efektif.

 

3 Manajer e-Commerce dan Strategi Digital (Digital Strategy and Ecommerce Director)

 

Profesi ini melakukan kolaborasi dengan tim lintas fungsi di seluruh perusahaan, mengelola semua aspek bisnis e-Commerce, termasuk strategi dan pengembangan konten, desain situs web, perencanaan bisnis, analisis web, dan teknologi.

 

4 Profesional Litbang (Research & development)

 

Profesi ini bekerja dalam sebuah departemen atau unit dalam perusahaan untuk melakukan aktivitas penelitian dan pengembangan yang berorientasi di masa yang akan datang dan jangka panjang baik dalam dalam kaitannya dengan riset ilmiah murni maupun pengembangan aplikatif di bidang teknologi digital.

 

5 Ahli Pemasaran Digital (Digital marketing specialist) Profesi ini bekerja sama dengan tim pemasaran untuk pertumbuhan bisnis perusahaan dengan mengidentifikasi target pasar, menciptakan brand image, serta membuat dan mengelola marketing campaign melalui teknologi digital dan pemasaran berbasis internet.
6 Konsultan bisnis (Business Consultant)

 

Profesi ini apat secara perorangan maupun bergabung dalam perusahaan konsultan, yang mengindentifikasi masalah, memberikan solusi dan melakukan perencanaan bisnis terkait dengan permasalahan yang bersifat strategis maupun operasional kepada klien.
7 Konsultan pemasaran digital (Digital Marketing Consultant) Profesi ini apat secara perorangan maupun bergabung dalam perusahaan konsultan, yang mengindentifikasi masalah, memberikan solusi dan melakukan perencanaan bisnis terkait dengan permasalahan yang bersifat strategis maupun operasional kepada klien.

 

8 Manajer Penjualan Digital (Digital Sales Manager) Profesi ini bertanggung jawab untuk mengembangkan, menerapkan, dan mengelola penjualan, produk dan/atau layanan, meningkatkan kesadaran merek dalam ranah digital dan memperoleh prospek/pelanggan.

 

9 Direksi Media Digital (Digital Media Director)

 

Profesi ini bertanggung jawab mengawasi aktivitas media digital perusahaan, termasuk situs web dan platform media sosial, seperti membuat konten, membangun dan mengelola profil dan media sosial perusahaan untuk kepentingan bisnis perusahaan.
10 Wirausahawan digital (Digital Entrepreneur)

 

Profesi ini menciptakan peluang bisnis baru melalui ide-ide yang kreatif dan inovatif berbasis data atau informasi digital seiring dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi untuk mencapai keuntungan dan perkembangan bisnis.

Prodi S-1 Bisnis Digital FEB UNS bekerjasama dengan institusi akademik di luar negeri (Bangor University, University Putera Malaysia, Universita Roma Tre) membuka kesempatan kepada mahasiswa Prodi S-1 Bisnis Digital FEB UNS untuk memperoleh double degree dan pertukaran pelajar. Keunggulan tersebut diperkuat dengan mensinkronisasikan keilmuan yang dimiliki oleh mahasiswa dengan program sertifikasi profesi CFtP (Chartered Fintech Professional) yang didapat oleh mahasiswa Prodi S-1 Bisnis Digital FEB UNS saat menyelesaikan studi mereka. Sertifikasi profesi ini berguna untuk memastikan keahlian lulusan Prodi S-1 Bisnis Digital FEB UNS mengenai keahlian di bisnis digital khususnya fintech yang nantinya akan meningkatkan daya saing lulusan di pasar dunia kerja dan memperpendek waktu tunggu setelah lulus untuk memperoleh pekerjaan.

VISI:

 

 

MISI:

Berita Terbaru

Juni 30, 2022 Tetri

Prodi S1 Manajemen Terima Kunjungan HMU Germany

Program Studi (Prodi) S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas

Read More
Juni 30, 2022 Tetri

FEB UNS Gelar Temu Kangen dengan Para Senior

Tim Bidang Pengabdian Internal dan Dharma Wanita Persatuan, Dies Natalis ke 46

Read More
Juni 30, 2022 Tetri

Professor Malaysia Review Program Kewirausahaan Prodi S1 Manajemen

Sejalan dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh

Read More

Kontak

0857-2594-1890 (ela) 0812-1507-2532 (vira)

Instragram: @bisnisdigital_uns

Email: bisnisdigital.uns@gmail.com