
Kuliah Umum Prodi S1 Bisnis Digital: Jual Produk Sambil Membangun Personal Branding
Program Studi (Prodi) S-1 Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) adakan General Lecture dari TikTok, Senin 11 November 2024 di Aula Konimex Gedung Bachtiar Effendi FEB UNS.
Prodi menghadirkan narasumber dari TikTok Shop, Septian Anggita Sari dan Adhytia Aprisada.
Ayya Agmulia Asmarani Islam, S.E., M.E, Dosen pengampu S-1 Bisnis Digital mengucapkan terima kasih kepada kedua narasumber yang berkenan hadir untuk memberikan wawasan terkait bagaimana membuat konten yang tepat khususnya melalui platform media sosial Tiktok. Dalam platform tersebut memungkinkan pengguna dan pencipta untuk mengiklankan dan menjual produk.
Mahasiswa diharapkan dapat aktif dalam mengikuti kuliah umum, bertanya dan berdiskusi terlebih beberapa mahasiswa Prodi Bisnis Digital sudah memanfaatkan platform tersebut.
Diawal, Adhytia menjelaskan sejarah singkat ByteDance. ByteDance merupakan perusahaan teknologi global didirikan pada Tahun 2012 oleh Zhang Yiming di China dengan misi mengembangkan teknologi berbasis AI yang mampu menghubungkan dan menginspirasi dunia.
Perusahaan ini dikenal sebagai pemilik TikTok, platform video yang sangat populer di seluruh dunia.
TikTok Shop merupakan fitur di TikTok yang memungkinkan pengguna untuk menjual dan membeli produk langsung dari platform tanpa meninggalkan aplikasi.
Septian menegaskan bahwa aplikasi ini menciptakan peluang bagi pengguna dan kreator untuk menjadi digitalpreneur melalui interaksi langsung dengan audiens mereka.
“TikTok memungkinkan kreator untuk menjual produk sambil membangun personal branding mereka. Nah bagaimana cara membangun personal branding? pertama dengan mencari tahu siapa Anda, tentukan tujuan yang jelas, jaga konsistensi, buat konten sesuai diri kamu” ungkapnya.
Ketika akan membangun personal branding tentukan tujuannya, jadi personal yang seperti apa, apakah yang senang mengulas tentang gadget kah? atau lainnya. Lalu juga harus konsisten, misal membuat konten produk-produk otomotif, jangan pindah ke olah raga, karena jika itu dilakukan maka personal brandingnya jadi tidak jelas. Dan konten yang dibuat adalah sesuai dengan diri kita.
Lebih lanjut dijelaskan, TikTok merupakan aplikasi powerfull karena ada 3 elemen yang sangat penting community (komunitas), entertainment (hiburan), dan commerce (perdagangan/komersial).
Komunitas adalah fondasi kuat dari TikTok. Platform ini memfasilitasi interaksi antar penggunanya melalui komentar, likes, dan berbagi video. Hal ini menciptakan sebuah ekosistem sosial yang sangat aktif, di mana pengguna bisa berkolaborasi, berbagi ide, dan terhubung dengan orang lain di seluruh dunia.
Commerce atau perdagangan adalah elemen yang semakin penting di TikTok. Platform ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat hiburan dan sosial, tetapi juga menjadi saluran pemasaran dan penjualan bagi merek dan kreator konten.
Hiburan adalah elemen yang paling jelas di TikTok. Platform ini sangat berfokus pada penyediaan konten yang menarik dan menghibur dalam bentuk video pendek yang mudah dikonsumsi.
Di kuliah umum ini, narasumber mengajak peserta untuk dapat berbagi pengalamannya dalam membuat konten di TikTok. Narasumber juga berbagi strategi bagaimana menggunakan platform tersebut untuk mengembangkan bisnis.