23 Jul 2024

Gandeng 20 Pelaku UMKM, HMJ Manajemen Gelar Ecofair

20 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menggelar berbagai produknya pada acara Ecofair 2022 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS), di Halaman Gedung Suhardi, Rabu,  26/10/2022.

Acara ini diselenggarakan dan dikemas secara luring. Dua tahun sebelumnya, Ecofair diadakan secara daring karena pandemi Covid-19. Harapannya, Ecofair 2022 akan bermanfaat bagi mahasiswa, pihak kolaborator, dan terkhusus bagi para pelaku UMKM.

Prof. Hunik, Dosen FEB mengunjungi salah satu stan di Ecofair

Ecofair merupakan acara pembuka dari serangkaian acara Management Carnival yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh HMJ Manajemen. Di tahun ini, Ecofair mengangkat tema “Upgrade Your Business by Collaborating with Us to Find New Opportunities”.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Dekan Perencanaan, Kerja Sama Bisnis dan Informasi, Dr. Mugi Harsono, SE, M.Si. bertujuan agar dapat menjadi media kolaborasi, pengembangan, dan pemberdayaan UMKM. Ecofair sebagai wahana dalam mempromosikan, mengenalkan, dan meningkatkan produk atau jasa yang mereka miliki.

Pengguntingan Pita oleh Wakil Dekan Perencanaan, Kerja Sama Bisnis dan Informasi

Pelaku UMKM juga dapat berkonsultasi dengan beberapa instansi terkait seperti LOKA POM dan Dinas Perdagangan Surakarta terkait pengembangan dan program pemerintah dalam mendukung kesejahteraan UMKM di Kota Surakarta.

Dr. Atmaji,  MM, Kepala Program Studi S-1 Manajemen dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan HMJ Manajemen yang telah memberikan ruang kepada para pelaku UMKM untuk mengenalkan dan memasarkan produk-produknya.

Mindset bisnis  saat ini sudah berubah. Sebelumnya bisnis itu digaungkan dengan kompetisi. Sekarang mindsetnya berubah,  bagaimana bisnis bisa berkolaborasi, bekerja sama,  saling dukung dan menguntungkan untuk keberlangsungan usaha.  Perubahan  mindset bisnis ini yang sedang dikembangkan.” Ungkapnya.

Dr. Atmaji berharap, kegiatan yang digelar selama 3 hari itu menjadi pembelajaran bagi mahasiswa di luar kegiatan perkuliahan, melatih berwirausaha dan bergaul dalam dunia bisnis.

Deretan Stan UMKM di Halaman Gedung Suhardi FEB

Kegiatan yang akan digelar hingga Jumat 28 Oktober 2022 itu, dimeriahkan juga dengan berbagai kegiatan lain untuk memantik pengunjung Ecofair yakni esport Mobile Legends dan PUBG, fun games bersama para pengunjung on the spot dan penampilan band prodi maupun modern dance sebagai media penyaluran bakat dan pengembangan diri.

Fun Games bersama Para Pengunjung on the Spot

Selain pengembangan di bidang UMKM, Ecofair 2022 juga akan bersinergi dengan beberapa perusahaan BUMN dan pusat unggulan Universitas Sebelas Maret seperti PT. KAI (Persero), PT PLN (Persero), perbankan, OJK, UNS Innovation Hub, UNS Fintech Center, CDC UNS, dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan inovasi bisnis serta melakukan job fair atau pameran lowongan pekerjaan yang relevan dengan Prodi S-1 manajemen agar mahasiswa dapat mengambil peluang dan kesempatan untuk karir ke depan. (Tetri)