08 Feb 2023

RG Mikroekonomi Terapan FEB UNS Bahas Randomized Control Trial for Social Science dalam Inbound Scholar Webinar

Riset Grup (RG) Mikroekonomi Terapan, Program Studi (Prodi) S1 Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan Kuliah Tamu  bertajuk Webinar: Randomized Control Trial for Social Science, Rabu 26/10/2022 melalui Zoom Cloud Meeting.

Webinar yang menghadirkan narasumber Dr. Sarah Dong dari Crawford School of Public Policy, Australian National University (ANU) merupakan rangkaian kegiatan dalam Skema Hibah Riset Internasional UNS.

Dalam paparan materinya, Dr. Sarah menjelaskan tentang penggunaan teknik RCT khususnya dalam konteks kebijakan publik. Contoh, dari efek kontrafaktual, yaitu penelitian yang berusaha mengukur efek dan efisiensi dari kebijakan (bansos) ketika subjek penelitian menerima bantuan tersebut dibandingkan jika subjek tersebut tidak menerima bantuan.

“Dalam konteks semacam ini, uji regresi OLS tidak dapat digunakan untuk menentukan efek kausal dari pemberian bantuan atau sebuah kebijakan,” terang Dr. Sarah.

Lebih lanjut, Dr. Sarah menjelaskan mengenai proses penerapan dari RCT yang cenderung membutuhkan perencanaan lebih ekstensif. Secara garis besar perencanaan tersebut terbagi menjadi tiga langkah. Langkah pertama dari penerapan RCT adalah penentuan desain dari proses pengacakan, hal ini meliputi jumlah sampel, teknik pengacakan, serta pemeriksaan keabsahan pengacakan. Langkah kedua adalah intervensi, yang merujuk pada proses penggolongan subjek penelitian kedalam kelompok kontrol. Serta langkah ketiga adalah pengujian hasil, yaitu menggunakan uji statistik untuk menghitung efek perlakuan yang diterapkan.

“Proses pengacakan bisa menjadi rumit, terlebih ketika proses tersebut dilakukan oleh pihak independen, yang prosesnya dapat melenceng dari tujuan penelitian,” jelasnya.

Setelah penjelasan rinci mengenai proses RCT, Dr. Sarah menjelaskan contoh topik penelitian yang dapat menggunakan teknik RCT, serta proyek penelitiannya yang menerapkan teknik RCT.

Di penghujung acara, Dr. Sarah mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan, banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh peserta. Peserta juga dapat menghubunginya melalui email apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut terkait RCT.