08 Feb 2023

Studi Banding ke FEB UNS, Dekan FEB UNISBA: Kami melihat UNS adalah PTN yang Bagus dan Mapan

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menerima kunjungan studi banding Program Studi (Prodi) S1 Akuntansi dan Prodi Magister Akuntansi FEB Universitas Islam Bandung (UNISBA), Kamis 19 Januari 2023 di Ruang Sidang 1 Gedung Soeharno TS FEB UNS.

Rombongan yang dipimpin oleh Dekan FEB UNISBA, Dr. Nunung Nurhayati diterima langsung oleh Dekan FEB UNS, Prof. Djoko Suhardjanto, Wakil Dekan Perencanaan Kerja Sama Bisnis dan Informasi, Dr. Mugi Harsono, Kaprodi S1 Akuntansi, Agung Nur Probohudono, Ph.D., Kaprodi Magister Akuntansi,  Dr. Wahyu Widarjo, S.E., M.Si., serta dosen Akuntansi, Dr. Eko Arief Sudaryono dan Dian Perwitasari, M.Si.

Di awal sambutannya, Prof. Djoko memperkenalkan pimpinan dan dosen yang hadir menyambut  kedatangan rombongan FEB UNISBA.

Selanjutnya, Prof. Djoko menyampaikan secara ringkas profil FEB. FEB memiliki 8 Program Studi (prodi), 4 Prodi S1 yakni Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis Digital;  3 Prodi S2, Magister Akuntansi, Magister Manajemen dan Magister Ekonomi dan Studi Pembangunan serta dan 1 Prodi S3, Program Doktor Ilmu Ekonomi dengan peminatan Akuntansi, Ekonomi Pembangunan dan Manajemen.

Dikatakan juga, Prodi S1 Bisnis Digital yang baru menerima satu angkatan namun peminatnya luar biasa.

Lebih lanjut Prof. Djoko menyampaikan berbagai capaian akreditasi, nasional maupun internasional.

Sementara itu, Dekan FEB UNISBA mengucapkan syukur dan merupakan suatu kebahagiaan FEB UNISBA diterima di FEB UNS.

“Alhamdulillah kami bisa melakukan studi banding ke UNS. Kami melihat UNS adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang bagus dan mapan, sudah terakreditasi A atau unggul. Kami ingin belajar dan menambah ilmu khususnya Prodi Akuntansi dan Magister Akuntansi.” katanya.

Disampaikannya, tim ingin tahu lebih detil terkait kurikulum OBE atau Outcome-Based Education yang pastinya telah diimplementasikan di UNS. OBE merupakan kurikulum yang fokus pada capaian pembelajaran dimana diharapkan mampu memenuhi aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai keadaan sosial, ekonomi dan budaya akademik.

Tim juga ingin memperoleh pengetahuan terkait program fast track, program yang memungkinkan seorang mahasiswa bisa mengambil jenjang pendidikan yang lebih tinggi sebelum lulus dari jenjang sebelumnya.

Diskusi yang berjalan sekitar dua jam dan diharapkan memberikan manfaat, memotivasi dan meningkatkan pengetahuan untuk meningkatkan kualitas akademik, khususnya di Prodi S1 Akuntansi dan Magister Akuntansi FEB UNISBA.