02 Des 2022

Professor Malaysia Review Program Kewirausahaan Prodi S1 Manajemen

Sejalan dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kemdikbudristek, Program Studi (Prodi) S1 Manajemen, Fakultas EKonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, mengadakan Visiting Professor bersama Associate Professor Dr. Yuhanis Abdul Azis, pada Kamis, 16 Desember 2021, secara virtual melalui Zoom Clound Meeting. Agenda ini merupakan bagian dari rangkaian program Visiting Professor dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2021.

Agenda pertemuan dengan judul ‘Curriculum Development in Entrepreneurship’ tersebut membahas implementasi program MBKM Kewirausahaan yang saat ini sedang dijalankan oleh Prodi Manajemen.

Program MBKM merupakan program belajar mandiri yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat mempelajari materi atau topik yang sesuai dengan ketertarikan mahasiswa. Saat ini tercatat terdapat 11 (sebelas) mahasiswa yang terbagi dalam 8 (delapan) kelompok, sedang mengikuti program kewirausahaan MBKM.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Yuhanis menyampaikan hasil review terkait program kewirausahaan Prodi S1 Manajamen FEB UNS yang dikemas dalam tiga poin besar yaitu feedback, rekomendasi, dan kesimpulan.

Dalam paparannya terkait pengembangan rubrik, Prof. Yuhanis menyatakan bahwa rubrik yang telah dipersiapkan oleh Prodi Manajemen sudah cukup baik.

“Rubrik Penilaian telah disiapkan dengan baik oleh prodi, meskipun tetap terdapat ruang untuk perbaikan seperti pentingnya menjaga konsistensi dari istilah yang digunakan dan revisi agar rubrik tersebut dapat merefleksikan subjek yang dinilai.”

Lebih lanjut, Prof. Yuhanis mengakui bahwa laporan yang telah disiapkan oleh prodi terkesan cukup padat, sehingga elaborasi lebih lanjut dapat dilakukan untuk memberikan informasi yang lebih detail serta panduan bagi pembimbing mahasiswa yang ditunjuk.

Terkait sistem tugas akhir yang diterapkan dalam program tersebut, Prof. Yuhanis menekankan pentingnya informasi terkait target capaian dari Tugas Akhir (Final Assignment), apakah mahasiswa diharapkan untuk melakukan riset atau tidak. Untuk Final Assignment, rubrik penilaian juga diperlukan.

Terkait syllabus, Prof. Yuhanis mengungkapkan tiga poin temuan yaitu informasi mengenai Target Capaian Luaran yang perlu disesuaikan, kesesuaian subjek, penamaan subjek mata kuliah dan sistem penilaian.

Setelah penyampaian materi oleh Prof. Yuhanis, acara dilanjutkan dengan tanya jawab, dipimpin oleh Risgiyanti (Dosen prodi Manajemen) selaku moderator acara, antara Prof. Yuhanis dan peserta yang merupakan dosen dari Prodi Manajemen FEB UNS.

Reporter: Aulia

Editor: Humas