19 Jan 2022

FEB UNS Terima Kunjungan SMA Islam Al Azhar 8 Bekasi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (FEB UNS) menerima kunjungan SMA Islam Al Azhar 8 Bekasi  secara luring di Ruang Telekonferen FEB UNS dan daring, Jumat 7 Januari 2022.

Atas nama pimpinan sekolah, Sulardiyono, S.Pd., M.M., Wakil Kepala Sekolah SMA Islam Al Azhar 8  dalam sambutannya menyampaikan salam takzim kepada Dekan FEB UNS dan jajarannya, berterima kasih atas waktu yang diberikan untuk menerima kunjungan dari SMA Al-Azhar 8 ke FEB UNS. Harapannya, kunjungan ini memberikan manfaat khususnya kepada para siswa.

Sulardiyono, M.M., Wakil Kepala SMA Islam Al Azhar 8 Kota Bekasi

Beberapa hal ingin dipetik dalam kunjungan ke FEB UNS adalah mendapatkan informasi mengenai keunggulan-keunggulan yang dimiliki FEB UNS, profil lulusan dan serapan di dunia kerja, khususnya alumni FEB yang sudah sukses. Selain itu informasi tentang jalur masuk ke FEB dan program-program beasiswa yang ditawarkan, juga implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FEB UNS, Prof. Dr. Izza Mafruhah, S.E., M.Si, di awal sambutannya mewakili Dekan secara daring menyampaikan ucapan selamat datang kepada pimpinan sekolah, guru dan siswa SMA Islam Al Azhar 8 , baik yang hadir secara luring ataupun daring.

Lebih lanjut, Prof. Izza memperkenalkan jajaran pimpinan serta memaparkan profil FEB UNS, diantaranya penjelasan terkait  program studi (prodi), sumber daya manusia,  kerjasama, profil lulusan, organisasi kemahasiswaan dan MBKM.

Prof. Izza Mafruhah, saat sambutan

Di hadapan lebih dari 200 siswa SMA Islam Al Azhar 8 yang hadir secara daring Prof. Izza juga menyampaikan trik untuk mencapai target, yakni dengan SMART, tak hanya berarti cerdas tapi SMART juga singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, Realistic dan Time Bounded.

“Untuk dapat mencapai target, kita harus specific dalam menentukan prodi yang dituju, juga harus bisa mengukur kemampuan diri kita, measurable. Achievable berarti sebuah target itu harus mampu diraih, jangan berangan-angan terlalu tinggi, sesuai dengan kemampuan. Realistic artinya apa yang ingin dicapai disesuaikan dengan bekal yang kita miliki. Dan yang terakhir adalah Time bounded, ada jangka waktu. Ketika kita punya waktu sekitar 3 atau 4 bulan lagi untuk berkompetisi masuk perguruan tinggi maka kita harus menambah waktu belajarnya, kurangi nobarnya. Dengan modal SMART itu, maka kita akan mampu menentukan target apa yang akan dicapai.” jelasnya.

Yaman Umaran, S.Si dan paparan presentasi

Sementara itu, Yaman Umaran, S.Si dari UPT SPMB menjelaskan detil tentang bagaimana memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN), jalur masuk, peluang serta strategi masuk PTN.

Berfoto bersama usai acara

Secara singkat, Yaman menyampaikan tiga strategi yang harus dipersiapkan siswa untuk masuk ke PTN yakni tentukan bidang studi yang diminati, pilih universitas bereputasi dan yang mendukung kesuksesan, serta persiapkan diri secara sungguh-sungguh dalam mengikuti seleksi masuk PTN.   (Humas)