23 Mei 2022

RG Green Economy dan Sustainable Development FEB UNS Latih Guru dan Pendamping TK Aisyiyah se Kabupaten Sukoharjo

Entrepreneur  merupakan  salah satu program utama yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi masalah pengangguran dan meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat. Entreprenuer merupakan karakter yang harus dibangun sejak dini.  Berangkat dari permasalahan tersebut maka perlu dilakukan inisiasi dan pelatihan bagi anak-anak melalui Kidpreneurship.

Model pelatihan yang dilakukan dengan tetap memperhatikan kebiasaan dan perilaku anak yang cenderung belajar sambil bermain, dengan panduan dari guru  dan pendamping. Oleh sebab itu maka pelatihan diberikan kepada guru atau pendamping yang akan mentraining anak-anak  dan memandunya secara terus menerus dan berkelanjutan.

Tanaman Hidroponik

RG Green Economy dan Sustainable Development Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) melakukan pelatihan pembuatan tanaman hidoponik yang dilakukan terhadap guru  dan pendamping,  dengan sasaran guru TK Aisyiyah se Kabupaten Sukoharjo yang dilakukan di Gayam Sukoharjo.

Pelatihan ini dengan instruktur Drs. Djoko Purwanto dari Dipi Urban Farming yang telah berpengalaman dalam melakukan penghijauan di lahan sempit. Proses pelatihan dan dilanjutkan dengan pendampingan dengan memberikan fasilitas peralatan tanam, benih dan media yang digunakan.

Pelatihan dengan model praktek langsung ternyata memberikan dampak yang bagus bagi para guru yang langsung bisa mengimplementasikan kepada anak-anak didiknya di TK Aisyiyah.

Foto bersama Usai pelatihan 

Tanaman yang digunakan dalam pelatihan ini adalah sayur-sayuran sehingga terdapat keuntungan lain yaitu mendidik anak-anak untuk menyukai sayuran dan pola makan yang sehat. Selain itu hasil tanaman yang telah bisa dipanen dalam jangka waktu satu bulan akan bisa dilelang kepada orang tua siswa sehingga mendidik anak untuk membangun jiwa dan karakter entrepreneur sejak dini.