22 Jul 2024

KAFEB UNS Adakan MUNAS Sekaligus Launching QRIS

Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (KAFEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) di Aula Gedung 3 FEB UNS, Sabtu (29/1/2022) secara luring.

Munas yang bertema “Bersama Alumni FEB Membangun Kemandirian dan Keunggulan UNS” dihadiri Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho; Ketua Umum IKA UNS, Ir. Budi Harto;  Dekan FEB UNS, Prof. Djoko Suhardjanto; Ketua Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Prof. Wimboh Santoso; Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni Primanto Joewono, M.Si.; Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (KAI), Didiek Hartantyo; dan alumni lainnya.

Prof. Djoko Suhardjanto,  dalam sambutannya mengapresiasi terselenggaranya kegiatan MUNAS KAFEB UNS. Ditegaskannya bahwa alumni turut berkontribusi terhadap kemajuan suatu institusi pendidikan.

“Mari kita bersama guyub rukun merajut prestasi untuk FEB dan UNS yang lebih baik,” kata Prof. Djoko.

Didiek Hartantyo yang merupakan alumnus FEB UNS menyampaikan terima kasih kepada UNS khususnya FEB UNS yang telah membekali ilmu untuk mengabdi kepada negara.

“Ekonomi Mikro, Makro, Statistika yang dulu dianggap remeh ternyata dalam keseharian mampu membekali menuju kesuksesan. Saya mengucapkan terima kasih kepada FEB yang telah membekali ilmu dasar-dasar logika yang menjadi bekal saya. Bekal ini yang menjadikan lulusan UNS bisa bersaing dalam dunia kerja dan turut berkontribusi untuk masyarakat,” ungkap Dirut PT KAI tersebut.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Ketua Umum IKA UNS, Ir. Budi Harto. Ia berharap melalui Munas ini dapat memberikan dampak bagi para alumni maupun sivitas akademika FEB UNS. Selain itu, melalui kegiatan ini juga dapat membangun jejaring baru antar-alumni yang ada di FEB UNS. Terlebih, dalam kegiatan ini juga menghadirkan stand expo Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dimiliki oleh mahasiswa dan alumni FEB.

Sedangkan Prof. Wimboh menyampaikan bahwa semakin banyak ilmu yang didapatkan maka semakin besar pula peluang untuk membangun kesuksesan. Alumnus UNS tersebut juga menyampaikan terima kasih kepada FEB UNS yang turut berperan dalam membangun kariernya. Ia menambahkan bahwa hubungan yang kuat antara alumni dengan universitas dapat menciptakan sebuah kolaborasi yang hebat.

“Mari saling nyengkuyung supaya lebih kokoh dan jejaring yang dibangun semakin luas,” ungkap Prof. Wimboh.

Sebelum membuka acara secara resmi, Prof. Jamal mengapresiasi seluruh alumni UNS, khususnya FEB UNS karena turut mendukung penuh UNS dalam   mewujudkan visinya mencapai World Class University.

“Saya mencatat beberapa prestasi membanggakan yang berhasil dipersembahkan oleh FEB UNS, antara lain dalam pemeringkatan QS-Asia Ranking, distribusi negara scholer yang mem-votes UNS didominasi dari bidang ekonomi dan bisnis. Begitu juga dengan kontribusi dan dukungan SDM Alumni FEB UNS yang diberikan kepada negara dengan menduduki posisi strategis di pemerintahan,” terang Prof. Jamal.

Beberapa alumni FEB UNS yang memiliki peranan penting dalam pemerintahan antara lain Prof. Wimboh Santosa, Ketua Dewan Komisioner OJK; Dr. Abdul Kharis Almasyhari, Wakil Ketua Komisi I DPR RI; Didik Hartantyo, Dirut PT. KAI; Doni Primanto Joewono, M.Si., Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI); Sigit Widyawan, M.Akt., Komisaris Independen BNI; A Iskandar Zulkarnain,M.M., Anggota Badan Pengelola Keuangan Haji; dan masih banyak lagi alumni FEB yang menduduki posisi penting.

Pada acara MUNAS tersebut juga di-launching Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) KAFEB UNS sebagai inovasi pembayaran digital yang dapat memfasilitasi pengumpulan dana alumni. QRIS merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Deputi Gubernur Bank Indonesia yang juga sebagai Ketua tim formatur terpilih KAFEB UNS periode 2022 – 2027, Doni Primanto Joewono melakukan scanning QRIS KAFEB UNS sebagai tanda telah diresmikannya QRIS KAFEB UNS.

Selain di KAFEB UNS, QRIS juga telah diimplementasikan di lingkungan kampus UNS antara lain di kantin, tempat ibadah, SPBU yang telah dilaunching pada tahun 2021 bersama Bank Indonesia Solo.  (Tetri)