23 Mei 2024

Doni P. Joewono Kembali Terpilih sebagai Ketua KAFEB UNS

Doni Primanto Joewono, M.Si., Deputi Gubernur Bank Indonesia terpilih kembali menjadi Ketua formatur yang sekaligus juga sebagai  Ketua Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (KAFEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) untuk periode 2021-2026 berdasarkan hasil Musyawarah Nasional (MUNAS) KAFEB UNS yang digelar di Aula FEB UNS, Sabtu 29/1/2022.

Sidang MUNAS yang dipimpin oleh Agung Nur Probohudono, Ph.D diikuti oleh perwakilan dari angkatan 1976 hingga 2017 dan pelaksanaannya didukung oleh BI Solo, PT Kereta Api Indonesia, PT Jaktour , Batik Riana dan sponsor-sponsor pribadi lainnya.

Dalam laporan pertanggungjawaban periode sebelumnya, Doni P. Joewono menyampaikan terima kasih kepada para pengurus dan juga memaparkan progam yang telah  dijalankan.

“Kami atas nama KAFEB 2016-2021 mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang menjadi pengurus. Dalam perjalanan 5 tahun walaupun banyak yang kita lakukan, saya rasa belum optimal. Yang penting KAFEB kita bawa sebagai suatu organisasi yang profesional. Selama 5 tahun paling tidak kita sudah memiliki rekening bank, logo KAFEB. Di periode 5 tahun sebelumnya kita rapikan administrasinya” ungkapnya.

Peserta MUNAS 2022 dari berbagai angkatan

Selanjutnya dikatakan, program yang ingin diteruskan adalah program beasiswa.  KAFEB melihat banyak anak-anak FEB yang berprestasi tapi tidak memiliki cukup biaya. KAFEB UNS terus memberikan beasiswa kepada anak-anak yang FEB berprestasi, hingga kini mencapai hampir setengah miliar.

“Beasiswa ini tentunya berkat teman-teman alumni yang ikhlas mendonasikan. Mahasiswa yang kita beri beasiswa, kita ikuti perkembangannya, kita mendampingi hingga mereka mendapatkan pekerjaan. Teman-teman yang telah kita berikan beasiswa menjadi lulusan-lulusan terbaik, sudah bekerja di perusahaan-perusahaan.” ungkapnya.

Selain beasiswa untuk mahasiswa, KAFEB juga telah melakukan kajian-kajian riset, mengembangkan database alumni, termasuk juga berbagai aktifitas pengembangan di bidang kelembagaan dan juga alumni.

Ketua KAFEB Terpilih Melaunching QRIS

Munas yang bertema “Bersama Alumni FEB Membangun Kemandirian dan Keunggulan UNS” dihadiri Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho; Ketua Umum IKA UNS, Ir. Budi Harto;  Dekan FEB UNS, Prof. Djoko Suhardjanto; Ketua Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Prof. Wimboh Santoso; Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni Primanto Joewono, M.Si.; Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (KAI), Didiek Hartantyo; dan alumni lainnya.

Pada acara MUNAS tersebut juga di-launching Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) KAFEB UNS sebagai inovasi pembayaran digital yang dapat memfasilitasi pengumpulan dana alumni. QRIS merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Deputi Gubernur Bank Indonesia yang juga sebagai Ketua tim formatur terpilih KAFEB UNS periode 2021 – 2026, Doni Primanto Joewono melakukan scanning QRIS KAFEB UNS sebagai tanda telah diresmikannya QRIS KAFEB UNS.

Selain di KAFEB UNS, QRIS juga telah diimplementasikan di lingkungan kampus UNS antara lain di kantin, tempat ibadah, SPBU yang telah dilaunching pada tahun 2021 bersama Bank Indonesia Solo. (Tetri)