02 Des 2022

Prodi Akuntansi FEB UNS Gelar Visiting Lecture: Research Methodology in Accounting, Business, Finance and Economic

Program Studi (Prodi) S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan Visiting Lecture dengan judul ‘Research Methodology in Accounting, Business, Finance and Economic: Naural Experiment and Panel Data,’ bersama Professor Ruhul Salim, BSc, MSc, Ph. D.,  Director of Graduate Researcher in The School of Economics and Finance, Curtin University Australia.

Hari pertama Visiting Lecture, Selasa 14/12/2021, Prof. Ruhul menyampaikan materi pengantar statistik dalam riset dibidang akuntansi, bisnis, keuangan, dan ekonomi.

Untuk melakukan analisis statistik dalam riset, Prof. Ruhul menyatakan bahwa analisis regresi dapat membantu peneliti untuk menemukan pengaruh dari satu variabel independen terhadap variabel dependen. Sebagai contoh, analisis regresi dapat membantu peneliti untuk menemukan hubungan antara gaji CEO dan performa perusahaan.

“Sebagai starting point (titik awal) analisis, scatterplot dari dua variabel yang diteliti menjadi penting,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Prof. Ruhul menyatakan bahwa, meskipun bermanfaat, terkadang hasil dari analisis regresi memberikan hasil yang ‘tidak wajar’ atau tidak sesuai dengan teori yang ada.

Professor Ruhul Salim saat menyampaikan materi

Dalam kondisi seperti ini, peneliti dapat menggali lebih dalam untuk menemukan penyebab dari hasil yang tidak wajar tersebut melalui analisis lain. Disela-sela materi, Prof. Ruhul memberikan kuis singkat yang dapat menjadi bahan latihan mahasiswa.

“Saya berharap peserta dapat memahami materi yang saya sampaikan hari ini terkait Pengantar Metodologi Penelitian (Introduction to Research Method Program). Pada sesi ini kita berfokus pada pembahasan metode kuantitatif yaitu simple linear regression method (SLRM). Di sesi selanjutnya kita akan membahas mengenai Regresi Linear Berganda (Multiple Linear Regression) dan Panel Data,” tutup Prof. Ruhul mengakhiri paparan materinya.

Agenda Visiting Lecture tersebut terbagi menjadi tiga sesi dimana setiap sesi akan membahas mengenai metode penelitian yang lebih mendalam.

Reporter: Aulia

Editor: Humas