23 Jul 2024

Hadirkan Prof. Clotilde Coron, Prodi S1 Manajemen Bahas Teori Organisasi

Rangkaian Kegiatan Visiting Profesor Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2022 yang dilaksanakan oleh Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta, masih berlanjut.

Dalam agenda terbarunya, Prodi S1 Manajemen menghadirkan Prof. Clotilde Coron, dari Sorbonne Business School, Perancis, dalam Guest Lecture Management: Organizational Theories and Flexibility Organizational Design. Acara tersebut dilaksanakan secara daring melalui Zoom Cloud Meeting dan dihadiri oleh lebih dari 270 peserta.

Peserta Guest Lecture Management

Memulai paparan mengenai teori organisasi, Prof. Coron menyampaikan definisi dari organisasi dan teori organisasi. Secara garis besar, organisasi adalah kelompok individu yang bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu. Meskipun begitu, pada praktiknya, terdapat beberapa hambatan yang sering dihadapi oleh sebuah organisasi dalam mencapai tujuan. Masalah tersebut seringkali berhubungan dengan keselarasan antara tujuan individu dan organisasi, pembagian tugas, serta proses kontrol.

“Untuk itu dalam sebuah organisasi, penting untuk memastikan bahwa setiap anggota memiliki tujuan yang sama dengan tujuan organisasi. Dalam kata lain, organisasi perlu memastikan bahwa tujuan kolaboratif dalam organisasi tersebut menjadi tujuan dari setiap anggota di dalammya,” jelas Prof. Coron.

Sementara dalam hal teori organisasi, Prof. Coron menyampaikan berbagai macam teori yang sering digunakan dalam memahami organisasi. Dalam paparannya, dijelaskan tentang teori klasik (classical theories), teori hubungan (human relations), teori kontingensi (contingency theories), serta teori sistemik (systemic theories).

Prof. Clotilde Coron, dari Sorbonne Business School, Perancis

“Tidak semua organisasi memiliki sistem yang sama. Terdapat karakteristik khusus dari setiap organisasi yang dipengaruhi oleh faktor internal seperti teknologi, strategi, tingkat kualifikasi, usia organisasi, serta ukuran organisasi. Dalam hal ini teori, berfokus pada bagaimana organisasi berfungsi dan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi organisasi,” ungkap Prof. Coron.

Setelah paparan materi, acara yang dilaksanakan pada hari Kamis 27 Oktober 2022 tersebut berlanjut dengan sesi tanya jawab yang dipandu moderator, Dr. Wulan Permatasari, SE., MM.

Peserta yang didominasi oleh mahasiswa sangat aktif menyampaikan pertanyaan disesi diskusi. (Tetri & Aulia)