07 Feb 2023

Angkat Tema Platform Optimalisasi Pemasaran Micro Influencer dengan UMKM, Mahasiswa FEB UNS Juara 1 Business Plan Competition

Banyak prestasi yang diraih Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) di berbagai ajang kompetisi. Salah satu diantaranya adalah prestasi yang dicapai Tim FEB beranggotakan Kgs M Mullah Ibadurrahman, Hanun Aulia Yasmin dan Nufika Mariyatul Kiptiyah.

Ibadurrahman dan tim berhasil menyabet Juara 1 Business Plan Competition yang diselenggarakan KOPMA BM Politeknik Negeri Semarang (Polines) pada Januari 2023.

Inflane (Influencer Lane): Platform Optimalisasi Pemasaran Micro Influencer dengan UMKM Guna Mendukung Pengembangan Talenta Digital Indonesia Emas menjadi topik yang membawa Tim FEB UNS pada kemenangan itu. Untuk perencanaan bisnisnya seputar platform penghubung media pemasaran antara influencer dan UMKM.

Ibadurrahman menyampaikan kepada feb.uns.ac.id, di ajang kompetisi itu timnya berjuang untuk menang dengan belajar dari pengalaman berbagai lomba yang diikuti sebelumnya,  belajar dari masukan juri serta karya presentasi peserta terbaik. Selain itu, tim juga mengambil beberapa course di luar.

Persaingan yang cukup ketat pada final yang menyisakan 10 besar tim dari perguruan tinggi se-Indonesia itu membuat tim harus bekerja lebih keras lagi.

“Kami tidak menyangka dapat juara di perlombaan terakhir, terlebih persaingannya lumayan berat untuk mendapatkan juara 1 sehingga kesempatan tersebut memang memberikan saya dan tim untuk bisa lebih banyak belajar dari bidang masing-masing yang kami fokuskan di awal” ungkapnya.

Bersama tim yang sama, Ibadurrahman beberapa kali mempersembahkan piala untuk FEB, diantaranya  juara 1 Business plan National Shariah Economic Competition UIN RMS Surakarta dan juara 2 Karya Tulis Ilmiah Nasional Annual Conference Economics Forum (ALCOFE) UNS pada  oktober 2022.

Menurutnya, komitmen bersama rekan satu tim menjadi kunci agar bisa melakukan eksekusi dan mencari rekan tim yang memiliki visi misi yang sama bukan hal yang mudah. Sehingga penting untuk bisa selalu fokus dan terus evaluasi diri agar bisa terus mencapai cita-cita ke depan.

Mahasiswa yang pernah menjabat Ketua Kajian Ekonomi Islam (KEI)  FEB UNS itu selalu mengingat yang dikatakan kakak tingkatnya di organisasi yang sama bahwa kunci di setiap lomba adalah untuk selalu percaya diri akan ide di awal. Berbekal lingkungan yang positif dan rekan satu tim yang mendukung, akhirnya membuatnya bisa terlatih agar mengembangkan kepercayaan diri.

“Pesan yang bisa saya bagikan untuk teman-teman semua yaitu berani untuk bermimpi besar, karena pengalaman di perkuliahan tidak terulang dan kesempatan yang ada untuk bisa kita coba sangatlah banyak.  Tapi disamping itu penting juga untuk menanamkan ke diri sendiri untuk selalu terbuka, belajar hal baru serta mampu untuk bisa bertanggung jawab hingga akhir” pungkasnya.