04 Mar 2024

25 Mahasiswa dan Alumni FEB UNS Ikuti Sertifikasi Kompetensi SDM Secara Luring

25 Mahasiswa dan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengikuti Asesmen Sertifikasi Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang digelar di Gedung Djarwanto FEB UNS, Sabtu 30 September 2023.

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama FEB UNS dengan Lembaga Sertifikasi Human Capital Management Indonesia  (HCMI), Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dan Keluarga Alumni FEB (KAFEB) UNS.

Sertifikasi ini bertujuan untuk memberikan bukti kepastian dan penjaminan akan kredibilitas seorang staf dalam suatu organisasi baik sektor swasta, pemerintah maupun BUMN.

Salah satu Steering Commitee, Dila Maghrifani, S.E., B.Sc., M.Sc. yang juga Dosen FEB UNS menyampaikan bahwa pelaksanaan sertifikasi MSDM ini dilakukan dalam 2 tahap. Tahap I dilakukan secara daring pada tanggal 23 September 2023. Seluruh peserta yang lolos administrasi dapat mengikuti aktifitas daring ini.

“Di kegiatan sertifikasi kompetensi SDM ini, yang boleh mengikuti adalah mahasiswa tingkat akhir, yang sedang persiapan skripsi, semester 7 atau alumni yang baru saja lulus maksimal 2 tahun. Tujuannya agar mahasiswa atau alumni nantinya mempunyai nilai yang lebih dibanding dengan mahasiswa lainnya karena mereka telah memiliki sertifikasi kompetensi SDM” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, peserta diberikan materi yang berkaitan dengan MSDM. Di kegiatan itu, peserta mengikuti pre test dan post tes untuk menyaring 25 terbaik.

Berikutnya, 25 peserta terbaik diasesmen secara luring pada tanggal 30 September 2023.  Setiap peserta diasesmen kurang lebih 1,5 jam hingga 2 jam oleh LSP FHCI HCMI.

“Peserta yang berhasil melalui tahap asesmen akan mendapatkan sertifikasi kompetensi SDM. Biaya untuk kegiatan seperti ini biasanya berkisar 2 jutä rupiah tapi di kegiatan ini, untuk mahasiswa dan lulusan FEB, gratis” tuturnya.

Menanggapi pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi SDM, Dosen yang memiliki keahlian di bidang manajemen pemasaran ini mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif. Semoga ke depan akan diadakan sertifikasi-sertikasi lainnya sehingga bermanfaat langsung kepada para mahasiswa dan alumni FEB. Selain lulus dengan persyaratan yang sangat baik, mereka juga dilengkapi dengan sertifikasi-sertifikasi kompetensi.