01 Nov 2022

Webinar GR Kearifan Lokal Angkat Tema Content Analysis pada Penelitian Kualitatif Bidang Ekonomi-Sosial

Content Analysis menjadi sesuatu yang menarik untuk kita kaji dan didiskusikan bersama meskipun secara definitif Content Analysis bukan merupakan teknik penelitian kuantitatif, namun kualitatif tetapi kalau kita lihat dari penelitian-penelitian sebelumnya bahwa didalam metode ini ternyata ada proses atau metode kuantitatif.

Hal itu disampaikan Ana Shohibul Manshur A, SE, M.Sc, moderator di Seri Webinar bertajuk Content Analysis pada Penelitian Kualitatif Bidang Ekonomi-Sosial yang diselenggarakan oleh Grup Riset Kearifan Lokal Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Sebelas Maret (UNS), Senin 31 Oktober 2022 melalui Zoom Cloud Meeting.

Dalam sejarah penggunaannya, metode ini sudah ada sejak 400 tahun yang lalu kaitannya dengan menganalisis sebuah ilmu komunikasi, bagaimana mengidentifikasi sebuah pesan dalam ilmu komunikasi.

Sejalan dengan itu, narasumber webinar, Sarjiyanto, SE, MBA, Ph.D., peneliti GR Kearifan Lokal menyampaikan metode ini awalnya memang dilakukan untuk penelitian komunikasi. Namun saat ini, Content Analysis banyak digunakan untuk menganalisis ilmu-iIlmu lain karena perkembangan ilmu dan fenomena yang ada tidak cukup diselesaikan dengan sebuah metode saja, sehingga Content Analysis juga mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian.

Sarjiyanto,Ph.D., peneliti GR Kearifan Lokal

“Ada beberapa buku yang bisa kita jadikan dasar dalam menggunakan metode ini, buku yang paling lama miliknya Weber atau juga bisa menggunakan Krippendorff, yang menjadi acuan dalam pembahasan webinar ini dan tentunya banyak sekali referensi-referensi lain yang bisa kita jadikan acuan” ungkapnya.

Mengacu pada Krippendorf 2013, Dr. Sarjiyanto menyampaikan Content Analysis adalah sebuah metode penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif, untuk membuat inferensi yang valid dan dapat diteliti ulang dari data berdasarkan konteksnya. Data yang berupa kata atau teks tersebut diinferensi dengan menggunakan Content Analysis sehingga menghasilkan informasi yang memiliki makna.

Selanjutnya disampaikan, untuk mengklasifikasikan, di dalam metode ini ada beberapa pendekatan, Pragmatical Content Analysis, Semantical Content Analysis, Designation Content Analysis, Attribution Content Analysis, Assertions Content Analysis, Sign-Vehicle Content Analysis.

Peserta Webinar

Pragmatical Content Analysis dilakukan terhadap tanda menurut sebab akibat yang mungkin terjadi, bisa dengan melihat frekwensi, ucapan atau kata yang menunjukkan sikap atau perilaku atau kecenderungan. Metode ini biasa digunakan untuk penelitian di manajemen, marketing yang bisa menggunakan hubungan sebab akibat. Jika ada kata atau perilaku atau kecenderungan yang menyebabkan sebuah produk  bisa diterima oleh masyarakat.

,

Dr. Joko Suyono, S.E. M.Si, Ketua GR Kearifan Lokal

Webinar yang diikuti oleh lebih dari 150 peserta itu sangat menarik perhatian. Salah satu peserta yang juga sedang melakukan penelitian dengan Metode Content Analysis menyampaikan saran agar seri webinar tersebut bisa diunggah juga tayangannya ke channel Youtube agar peserta dapat mengikuti secara keberlanjutan dan memberikan pemahaman materi yang utuh.

GR Kearifan Lokal yang diketuai oleh Dr. Joko Suyono, S.E. M.Si rutin berbagi pengetahuan melalui hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh anggota GR  kepada Civitas Akademika UNS maupun masyarakat luas.