16 Agu 2022

Salurkan Aspirasi Mahasiswa, BEM FEB Undang Pimpinan di Bincang-Bincang Fakultas

Sebuah forum untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret  yang dikemas dalam Bincang-Bincang Fakultas (BBF) telah digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FEB  secara hybrid, di Ruang Sidang 1 dan Zoom Meeting, Senin 4/7/2022.

Kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun tersebut dihadiri oleh Dekanat, Kaprodi,  Koordinator, Sub Koordinator, BEM, DEMA, Ormawa UKM dan juga mahasiswa dari prodi Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Pembangunan.

Legenda Telaga Asih, Ketua BEM FEB UNS dalam sambutannya menyampaikan BBF ini menjadi agenda penting di setiap tahunnya sebagai sarana menyampaikan aspirasi mahasiswa kepada pimpinan FEB UNS dan sebagai dasar dari pelaksanaan BBF ini, BEM telah melakukan survei kepada 215 mahasiswa yang telah dilaksanakan sejak tanggal 1 – 11 Juni 2022 melalui google form .

“Survei telah dilaksanakan sekitar 2 minggu  dan melibatkan 215 mahasiswa. Survei ini menjadi dasar atau pijakan kami dalam melaksanakan BBF dan telah mewakili mahasiswa FEB UNS secara keseluruhan  dari prodi Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Pembangunan. Aspirasi ini bukan hanya dari teman-teman BEM tapi mahasiswa dari ketiga prodi” jelasnya.

Harapannya, hasil survei ini dapat menjadi masukan untuk dekanat, kaprodi dan tenaga kependidikan FEB UNS dalam hal peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan yang ada di FEB berdasarkan data aspirasi dan fakta dari mahasiswa.

Meski hanya dilaksanakan satu atau dua kali dalam setahun,  BBF menjadi sarana yang efektif untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa dari berbagai aspek, akademik, kemahasiwaan, keuangan serta sarana dan prasarana.

Sementara itu, Dr. Mugi Harsono, M.Si. Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama Bisnis dan Informasi FEB UNS dalam sambutannya mewakili Dekan menyampaikan bahwa penting sekali adanya sambung rasa seperti BBF ini, ada evaluasi terhadap kinerja fakultas, berdiskusi tentang banyak hal yang dalam perjalanan fakultas  pasti ada irisan-irisan .

“Kita akan mendengarkan progress yang telah dilakukan adik-adik mahasiswa berkaitan dengan kinerja kita saat ini. Aspirasi yang disampaikan dari perwakilan mahasiswa akan kita terima dengan baik. Saya harap proses bincang-bincang ini berjalan dengan hangat, ibarat satu keluarga, anak dengan orang tua”  paparnya.

Dr. Mugi juga berpesan dengan akan dimulainya kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), para pengurus BEM, DEMA, UKM dan Ormawa bisa bersatu padu bagaimana meng create sebuah mindset agar mahasiswa dapat cerdas secara akademik dan juga cerdas secara organisasional.

“Jika mahasiswa hanya kuat di akademik atau di organisasi saja, kurang pas.  Sukses itu akan didapat jika mahasiswa terbuki handal di 2 hal itu” ungkapnya memotivasi.

BBF berjalan sangat lancar dan interaktif hingga lebih dari dua jam. Dekanat, Kepala Program Studi, Koordinator dan juga Sub Koordinator secara bergantian memberikan respon terhadap aspirasi mahasiswa. Mahasiswa yang hadir dalam forum tersebut juga diberi kesempatan untuk menyampaikan saran dan kritik secara langsung. (Humas)