04 Agu 2021

Riset Grup Behavioral Accounting FEB UNS Dampingi KSM Tegal Duwur

Tim pengabdian masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) yang tergabung dalam Riset Grup (RG) Behavioral Accounting memberikan pendampingan diversifikasi produk batik ecoprint kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Tegal Duwur, Desa Pokak Kabupaten Klaten, Jumat 2 Juli 2021.

Tim yang diketuai oleh Y. Anni Aryani, Ph.D, dan beranggotakan  Prof. Doddy Setiawan, Dr. Payamta, Dr. Evi Gantyowati, Dian Perwitasari, M.Si, An Nurrahmawati, M.Si, Isna Putri Rahmawati, M.Sc, serta Taufiq Arifin, Ph.D. memberikan peralatan untuk mendukung kebutuhan KSM Tegalduwur berupa mesin jahit dan kompor. Selain itu Tim memberikan bahan habis pakai yaitu beberapa jenis kain sebagai media pembuatan produk ecoprint seperti kain dan kanvas.

Tim juga melakukan pendampingan dalam pemasaran dan administrasi keuangan. KSM dilatih untuk melakukan inventarisir peralatannya dan melakukan pencatatan transaksi KSM.

Aktifitas pengabdian yang akan berlangsung dalam periode Maret hingga November 2021 itu bertujuan untuk mendampingi KSM agar melakukan inovasi diversifikasi produk agar dapat bersaing dengan produk ecoprint yang ada di pasaran.

Sebelumnya, pada tahun 2020, RG Behavioral Accounting telah melakukan pendampingan di desa ini dengan pelatihan pembuatan kain ecoprint dan memberikan beberapa peralatan, media dan bahan dalam pembuatan ecoprint.

Ecoprint adalah teknik memberi pola pada media dengan menggunakan bahan alami. Teknik ini mudah diterapkan. Hasilnya bisa dipakai sebagai bahan baku pakaian atau barang kerajinan lain seperti Payung, Kipas, Sampul Buku, dan lain-lain. (Humas FEB)