04 Agu 2021

Riset Grup Ekonomi Kreatif FEB Latih Karyawan RSIS Yarsis Berwirausaha Hidroponik

Rumah Sakit  Islam Surakarta (RSIS) Yarsis memiliki jumlah karyawan yang cukup besar. Pada awal tahun 2021, rumah sakit ini belum termasuk rumah sakit yang menerima pasien Covid-19 sehingga mengakibatkan pendapatan rumah sakit kurang maksimal.

Aktivitas kerja berkurang dan pegawai banyak yang bekerja dari rumah. Hal ini berdampak  pada tingkat pendapatan yang semakin menurun.

Selain itu, khususnya untuk beberapa pegawai rumah sakit banyak yang akan purna tugas sehingga diperlukan pembekalan untuk mempersiapkan setelah tidak lagi bekerja di RSIS Yarsis.

Dengan kondisi tersebut, Riset Grup (RG) Ekonomi Kreatif Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) melakukan pengabdian kepada masyarakat di tanggal 5 dan 12 Juni 2021 lalu, di Ruang Bumy RSIS Yarsis.

Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 20 karyawan itu bertujuan memberikan wawasan secara umum tentang pentingnya berpikir kreatif dan bertindak inovatif untuk menciptakan nilai ekonomis dan usaha produktif bagi individu karyawan.

Selain itu pelatihan ini memberikan treatment berupa pembekalan kewirausahaan dan melakukan usaha produktif berupa usaha tanaman hidroponik.

Praktisi Hidroponik, Drs. Djoko Purwanto, MBA bersama dengan Tim dari RG Ekonomi Kreatif yaitu Prof. Dr. Asri Laksmi Riani, MS, Suryandari Istiqomah, SE, MSc, Drs. Moch. Amien Gunadi, MP, Dra. Anastasia Riani Suprapti, M.Si, Yeni Fajariyanti, SE, M.Si dan  Amina Sukma Dewi, SE, M.Si memberikan wawasan kreativitas dan inovasi sederhana yang bisa dilakukan bagi pegawai purna tugas dan sharing pengalaman bertanam hidroponik.

Tim juga memandu karyawan untuk melakukan praktik langsung, melakukan penanaman sayur dengan menggunakan metode hidroponik.

Dari pelatihan tersebut, Tim melakukan monitoring hasil penanaman sayur melalui metode hidroponik. Tiga minggu pasca penanaman terlihat sayur kangkung dan pakcoy yang telah ditanam telah tumbuh dengan subur sesuai dengan harapan. (Humas FEB)