22 Jul 2021

Riset Grup Monetary and Fiscal Studies FEB UNS Beri Pelatihan Karyawan BMT KUBE COLOMADU SEJAHTERA.

Riset Grup (RG) Monetary and Fiscal Studies Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) kepada karyawan BMT KUBE COLOMADU SEJAHTERA, Rabu, 7 Juli 2021.

Tim PKM yang diketuai oleh Dr. Siti Aisyah Tri Rahayu, M.Si dan beranggotakan Drs. Sutanto, M.Si., Lukman Hakim, S.E., M.Si., Ph.D., Dr. Mulyanto, M.E, Riwi Sumantyo, S.E.M.M, Ariyanto Adhi Nugroho, SE, M.Ec,Dev, MAPPI (Cert), Hery Sulistio Jati Nugroho Sriwiyanto, S.E., M.S.E, Dr. Tetuko Rawidyo Putro, S.E., M.Si, dan Johadi, S.E., M.Sc  memberikan pelatihan pelayanan prima secara online via zoom dan offline.

Kegiatan yang dilakukan di Kantor KSPPS BMT KUBE COLOMADU SEJAHTERA itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dan kinerja karyawan KSPPS BMT KUBE COLOMADU SEJAHTERA dengan cara memberikan pelatihan pelayanan prima (service excellent) kepada karyawan.

Dr. Aisyah  mengatakan, fokus pelatihan ini adalah pada upaya peningkatan kinerja karyawan supaya dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya pelayanan prima dalam interaksi  internal maupun eksternal.

Tim membekali peserta dengan pemahaman tentang konsumen sebagai seorang individu yang mempunyai banyak keinginan dan persepsi pada sebuah produk atau pelayanan.

“Peserta diharapkan mampu memberikan pelayanan prima, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan seorang konsumen dan berbagai metode pengukuran pelayanan prima serta mampu menangani berbagai keluhan” jelasnya.

Hasil pelatihan diharapkan mampu menjadi motivasi dan memberikan skill yang diperlukan bagi karyawan yang akan meningkatkan kualitas layanan Lembaga keuangan syari’ah di era global.

Dua narasumber yang memiliki kompetensi di bidang keuangan dan perbankan juga dihadirkan yakni Lukman Hakim, S.E., M.Si., Ph.D., akademisi dari FEB UNS dan Ita Jaya Puspitarini, S.Psi., M.M. praktisi di bidang perbankan.

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu cara yang dapat diambil oleh BMT untuk meningkatkan kemampuan sumberdayanya dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabahnya.

Pelayanan yang prima terhadap nasabah akan meningkatkan kepuasan nasabah, sehingga pada akhirnya akan memperbesar jumlah nasabah BMT dan meningkatkan dana nasabah yang bisa dihimpun oleh BMT untuk disalurkan kepada pihak ketiga yang memerlukan pembiayaan.

Dengan semakin banyaknya nasabah BMT baik sebagai penyimpan dana maupun sebagai pemohon dana, pada akhirnya akan meningkatkan keuntungan yang diperoleh oleh BMT.

Sumber: Riset Grup Monetary and Fiscal Studies FEB UNS

Editor: Humas