22 Sep 2021

Leadership Webinar Prodi S1 Manajemen Angkat Tema An Overview of the Departmental Leadership Role: Scope, Framework, and Scorecard

Program studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan webinar dengan tema An Overview of the Departmental Leadership Role: Scope, Framework, and Scorecard dengan narasumber Prof. Arifin Angriawan, Ph.D dari Purdue University Northwest, USA pada Senin 26 Juli 2021. Webinar tersebut merupakan rangkaian kegiatan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2021.

Dr. Atmaji, MM, Ketua Program Studi S1 Manajemen dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas pengelolaan lembaga, terutama Prodi S1 Manajemen agar mampu menjadi program studi berkinerja unggul di tingkat nasional dan internasional.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, diharapkan dukungan dan peran serta aktif dari Bapak dan Ibu dosen Manajemen agar bersama-sama meningkatkan kualitas aktivitas akademik dan aktivitas lain di masa yang akan datang” tegasnya.

Peserta Leadership Webinar

Dalam webinar ini, Prof. Arifin Angriawan menyampaikan pengelolaan kelembagaan dilihat dari berbagai perspektif mulai dari berbagai sumber daya, dosen, kurikulum, proses pembelajaran, kemahasiswaan, dan dampaknya pada pihak ekternal. Beliau juga memaparkan pengalaman best practice atas pengelolaan kelembagaan di Purdue University Northwest berdasarkan akreditasi internasional AACSB.

Dikatakannya, pengelolaan lembaga berdasarkan standar terbaru dari AASCB sebanyak 9 standar mencakup: strategic planning; physical, financial, and virtual resources; faculty and professional staff resources; curriculum; assurance of learning; learner progression; teaching effectiveness and impact; impact of scholarship; and engagement and societal impact.

Prof. Arifin Angriawan menambahkan bagaimana mengimplementasikan scorecard framework pada lembaga. Implementasi scorecard framework tersebut juga mencakup evaluasi dari target yang sudah ditentukan, sehingga dapat diamati perubahan kelembagaan.

Sumber: Prodi S1 Manajemen

Editor: Humas FEB