22 Sep 2021

Prodi S1 Manajemen Adakan Technical Assistance Bersama Marleen Dieleman

Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret (FEB UNS) mengadakan virtual Technical Assistance: Case Methods-Teaching and Writing dalam rangkaian Kegiatan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), Selasa (27/07/2021).

Di acara yang dihadiri oleh lebih dari 40 dosen tersebut, prodi mengundang Dr. Marleen Dieleman dari National University of Singapore (NUS) Business School. Dr. Dieleman adalah associate professor yang juga menjabat sebagai Founding Editor dari Family Series-Sage Business Cases, yang telah menerbitkan lebih dari 25 teaching cases.

Dr. Dieleman menyampaikan materi terkait penulisan teaching case yang terdiri dari pengertian dari teaching case, tips dan trik penyusunan teaching case, dan diskusi.

“Tujuan dari teaching case adalah memberi kesempatan pada siswa untuk mempelajari sesuatu secara mandiri,” jelas Dr. Dieleman.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan jenis-jenis teaching case yang terdiri dari kasus primer, sekunder, dan pengalaman. Kasus primer dibuat berdasarkan informasi yang diperoleh dari narasumber langsung melalui wawancara atau observasi. Sementara kasus sekunder adalah jenis studi kasus yang data atau informasinya diperoleh dari sumber sekunder seperti berita, laporan, dan lain sebagainya.

“Untuk dapat mempublikasikan jenis studi kasus primer, kita harus memperoleh izin dari institusi/perusahaan narasumber terkait. Sementara untuk studi kasus sekunder izin tersebut tidak diperlukan, kita hanya perlu mencantumkan sumber informasi atau data yang kita gunakan,” paparnya.

Selanjutnya disampaikan, secara umum manuskrip studi kasus terdiri dari dua bagian, yaitu ‘teaching case‘ yang ditujukan kepada mahasiswa dan ‘teaching note‘ yang digunakan oleh dosen dalam memandu jalannya diskusi kasus.

Terdapat beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam menyusun studi kasus. Salah satu poin penting adalah judul manuskrip. Bagian ini sangat penting karena dapat menarik perhatian reviewer/publisher.

Bagian penting lainnya adalah ‘positioning paragraph‘ yang menjelaskan dan memperkenalkan kasus yang diangkat dan permasalahan yang perlu diselesaikan. Selanjutnya adalah background yang menjelaskan latar belakang dan kondisi lingkungan dimana kasus terjadi untuk pembaca yang tidak atau kurang familiar dengan kondisi lingkungan.Sementara naskah ‘teaching note‘ terdiri dari, ringkasan, tujuan pembelajaran, pertanyaan tugas, dan analisis untuk pengajar atau dosen.

Setelah penyajian materi dari Dr. Dieleman, peserta dibagi kedalam kelompok-kelompok kecil dengan anggota 4 orang untuk mendiskusikan topik studi kasus yang menarik untuk dikaji. Setelah berdiskusi di breakout room, perwakilan peserta diberi kesempatan untuk menyampaikan idenya dan berdiskusi secara langsung dengan Dr. Dieleman.

Diakhir acara Dr. Dieleman mengucapkan terima kasih telah mengikuti sesi ini sampai akhir dan juga untuk seluruh pertanyaan yang disampaikan serta berharap bisa menerima draf studi kasus dari Indonesia.

 

Reporter: Aulia

Editor: Humas FEB