22 Sep 2021

Prodi Ekonomi Pembangunan Undang Ahli Ilmu Politik AS dalam Webinar State, Political Corruption, and Pandemic

Program Studi (Prodi) Ekonomi Pembangunan (EP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret (FEB UNS), Surakarta kembali mengadakan webinar internasional dengan tajuk State, Political Corruption, and Pandemic on Heterodox Perspective dengan mengundang Dr. Peter Bratsis sebagai pembicara tunggal, Jumat, 23 Juli 2021.

Dr. Bratsis adalah seorang Associate Professor di bidang Political Science di the City University of New York, Amerika Serikat. Webinar tersebut terselenggara atas kolaborasi dari Prodi EP FEB UNS dengan Riset Grup Ekonomi Kerakyatan, Evolusi Institusi, dan Studi Dinamika Pembangunan, serta Prodes Institute.

Dr. Bratsis mengawali paparan dengan definisi tindak korupsi yang definisinya terus berubah dari waktu ke waktu. Pada awalnya korupsi dianggap sebagai sesuatu yang di luar kondisi normal serta dianggap sebagai sesuatu yang buruk. Meskipun begitu, definisi korupsi berubah menjadi kondisi dimana terjadi ketidakterbukaan informasi atau tidak adanya transparansi.

“Pada kenyataannya, persepsi akan korupsi di berbagai negara tidaklah sama. Terkadang korupsi dipersepsikan dalam lingkup yang luas atau terkadang lebih sempit di negara lain,” ungkap Dr. Bratsis.

Secara universal,  korupsi dihubungkan dengan ketidakterbukaan informasi dan kondisi korup di sektor privat. Namun kondisi riil dari korupsi dapat berbeda dari setiap negara akibat adanya efek budaya dan lain hal.

Webinar berjalan secara interaktif dimana peserta dapat menyampaikan pertanyaan secara langsung kepada pembicara disela-sela pemaparan materi.

Reporter: Aulia

Editor: Humas FEB