22 Sep 2021

Riset Grup Kelembagaan dan SDM FEB UNS Berikan Pendampingan Pendirian BUMD Pariwisata di Kabupaten Magetan

Riset Grup Kelembagaan dan SDM Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) mengenai pendampingan pendirian BUMD Pariwisata di Kabupaten Magetan, Jum’at (25/6/2021), Bappeda Kabupaten Magetan.

Kegiatan tersebut diketuai Vita Kartika Sari, S.E.,M.Sc., dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis FEB UNS dan didampingi beberapa anggota yakni Dr. Dwi Prasetyani, S.E., M.Si, Aulia Hapsari Juwita, S.E.,M.E, Sumardi, S.E., M.Si., Dr. Guntur Riyanto, M.Si, Dr. Ahmad Daerobi, M.S., Dr. Vinc Hadi Wiyono WS, M.A dan Ana Shohibul Manshur Al Ahmad, S.E, M.Sc.

Dalam pelaksanaan PKM itu, Tim Riset Grup mengadakan Focus Group Disscussion (FGD) dengan bahasan utama tentang peluang investasi, pemetaan paket investasi, dan strategi implementasi investasi. Sementara pada pembahasan kedua seputar rancangan perlunya pendirian BUMD Pariwisata untuk mengelola sektor pariwisata di Magetan.

Suasana Focus Group Disscussion

“Tujuan dari diadakannya kegiatan PKM ini adalah membuat Magetan sebagai kota kecil yang memiliki potensi pariwisata yang potensial,” jelas Vita Kartika Sari, S.E., M.Sc.

Dikatakannya, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan mendapatkan antusiasme yang sangat besar dari Pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, Kabupaten Magetan ketika berdiskusi dengan anggota RG Kelembagaan dan SDM karena mendapatkan banyak pengetahuan dan masukan yang membangun.

Tim Riset Grup Kelembagaan dan SDM memberikan penjelasan mengenai pengertian bahwa BUMD merupakan badan usaha yang  didirikan oleh pemerintah daerah yang modalnya sebagian besar/ seluruhnya adalah milik pemerintah daerah serta fungsi Badan Usaha Milik Daerah yang sangat membantu pemerintah daerah dalam mengelola pariwisata.

Walaupun dalam pelaksanaannya terdapat kendala karena dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19, namun pelaksanaannya tetap berjalan dengan lancar dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Tim Riset Grup saat memberikan arahan

 “Pengelolaan pariwisata yang kurang maksimal dapat menyebabkan rendahnya Pendapatan Asli Daerah, maka dari itu kami membantu untuk mengatasi masalah tersebut “ tuturnya.

Melalui kegiatan PKM berupa pendampingan pendirian BUMD di Kabupaten Magetan tersebut diharapkan dapat meningkatkan potensi pengelolaan pariwisata di Kabupaten Magetan sehingga dapat meningkatkan PAD tersebut.

Di akhir acara, tim Riset Grup mengucapkan terimakasih kepada pihak yang terkait karena telah berpartisipasi dalam kegiatan PKM. Diharapkan, Pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, Kabupaten Magetan bisa menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG) sehingga dapat meningkatkan kualitas kerja BUMD dalam memenuhi tugasnya sebagai penyedia pemenuhan kebutuhan masyarakat dan economic driver, khususnya dalam mendorong pariwisata Magetan.

 

Sumber: Riset Grup Kelembagaan dan SDM FEB UNS

Editor: Humas FEB