19 Jun 2024

RG Manajemen Operasi dan Strategik Gandeng KADIN Surakarta Adakan FGD Pendampingan UMKM

Research Group (RG) Manajemen Operasi dan Strategik Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Pendampingan UMKM di Mangesthi Boutique Hotel Solo, Rabu 26 Juli 2023.

Kegiatan diikuti oleh Direktur Eksekutif KADIN Surakarta,  UMKM mitra KADIN, Tim RG  dan mahasiswa FEB UNS.

Ketua RG Manajemen Operasi, Prof. Wisnu Untoro, MS mengatakan kegiatan FGD ini merupakan rangkaian akhir dari pendampingan UMKM kerja sama dengan KADIN Surakarta dengan melibatkan juga mahasiswa magang dari FEB.

Prof. Wisnu menyampaikan ucapan terima kasih kepada KADIN Surakarta yang telah bekerja sama dengan RG Manajemen Operasi FEB UNS, harapannya kerja sama seperti ini dapat berlanjut. Dari kerja sama ini, mahasiswa dan juga UMKM mendapatkan banyak manfaat.

“Kita harapkan setelah magang ini, para mahasiswa bisa mengabarkan pada rekan-rekannya bahwa kegiatan ini bermanfaat dan juga mahasiswa boleh berbangga telah meninggalkan karya kepada UMKM tertentu” ungkapnya.

Direktur Eksekutif KADIN Surakarta, M. David R. Wijaya, S.E. juga menyambut baik yang disampaikan Prof. Wisnu dengan adanya keberlanjutan dari kerja sama ini.

Sinergi dan kolaborasi antara dunia usaha, akademisi dan pemerintah kota bersama-sama khususnya dalam pengembangan UMKM dan juga membangun SDM agar ke depan lebih siap dalam menghadapi persaingan global.

“Dengan kerja sama ini, banyak hal yang bisa didapat dari mahasiswa. Mereka bisa belajar banyak tentang praktek melalui UMKM. Di sisi lain UMKM ini kita harapkan juga bisa terbantu dengan kehadiran mahasiswa yang magang. Era sekarang ini, generasi Z lebih memahami tentang dunia digital, lebih banyak tahu tentang bagaimana online marketing, bagaimana tentang market place, bagaimana tentang medsos dan lain sebagainya”, paparnya.

Dikatakan, magang di KADIN ini tidak semata-mata di KADIN secara internal tapi mendorong bagaimana mahasiswa ini mendapatkan ilmu dari UMKM, praktik di lapangan. Mahasiswa di kampus sudah menerima banyak teori, manajemen keuangan dan lain sebagainya sehingga perlu mengasah kemampuan dengan melihat dari pelaku usaha.

Mengapa memilih UMKM sebagai tempat magang? Menurutnya, UMKM memiliki banyak ilmu, lengkap mulai dari bagaimana mereka membangun usahanya, bagaimana menyiapkan SDM-nya, bagaimana mencatat keluar masuknya uang, bagaimana membuat produksinya, memasarkannya sampai saat ini bisa eksis dan bertahan, sering dilakukan sendiri.

Setelah sambutan, kegiatan berikutnya pemaparan materi pengabdian masyarakat dari tim RG yakni Drs. Yong Dirgiatmo, M.Sc., Ph.D dan Dr. Hidajat Hendarsjah, MM yang menyampaikan tentang pengembangan produk-produk UMKM.

Dilanjutkan dengan FGD Magang Pendampingan UMKM yang berisi pemaparan laporan pelaksanaan magang dan diskusi.

Disesi terakhir penyerahan form penilaian sekaligus penarikan magang.