07 Nov 2025

P4M FEB Fasilitasi Peneliti dengan Pendampingan Publikasi Penelitian Kualitatif

Pusat Pengembangan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P4M) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan Webinar dan Pendampingan bertajuk “Qualitative Research in Practice: From Field Insights to Academic Writing”,  Jumat, 17 Oktober 2025.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan diikuti oleh dosen serta peneliti dari berbagai rumpun keilmuan.

Prof. Tri Mulyaningsih, S.E., M.Si., Ph.D, Wakil Dekan Akademik dan Penelitian FEB UNS, memaparkan pengembangan model klinik penelitian yang kini dikemas secara daring. Model ini melibatkan sesi review dan feedback langsung dari para ahli untuk meningkatkan keterampilan penulisan akademik di berbagai bidang penelitian.

Ketua Pusat P4M, Dila Maghrifani, S.E., B.Sc., M.Sc., Ph.D., turut memberikan sambutan dan apresiasi kepada seluruh peserta serta narasumber. Ia menekankan pentingnya kolaborasi dan pembelajaran berkelanjutan untuk memperkuat budaya riset di lingkungan FEB UNS.

Sesi utama diisi oleh Dian Ekowati, S.E., M.Si., M.AppCom(OrgCh)., Ph.D., Kepala Kelompok Penelitian Human Capital and Organization Studies.

Dalam pemaparannya, Dian menjelaskan perbedaan mendasar antara penelitian kualitatif dan kuantitatif, sekaligus meluruskan berbagai kesalahpahaman yang sering muncul tentang pendekatan kualitatif.

“Penelitian kualitatif bukanlah pendekatan yang lemah atau subjektif. Justru melalui metode ini, kita dapat memahami dinamika manusia dan organisasi secara lebih mendalam,” ungkapnya.

Dian juga membahas tahapan penelitian kualitatif mulai dari penyusunan pertanyaan riset, pengumpulan data, hingga analisis menggunakan teknik seperti coding dan analisis tematik. Ia menekankan pentingnya ketelitian, transparansi, serta pertimbangan etika dalam proses penelitian.

Selain itu, Dian membagikan pengalaman membimbing mahasiswa dan peneliti dalam merumuskan pertanyaan riset yang fokus dan eksploratif. Menurutnya, pertanyaan yang tepat menjadi kunci dalam menghasilkan penelitian yang bermakna dan kontributif terhadap ilmu pengetahuan.

Di sesi terakhir, panitia mengumumkan rencana sesi mentoring lanjutan bagi peserta. Dalam sesi tersebut, peserta akan mendapat kesempatan untuk meninjau dan memperbaiki naskah penelitian mereka bersama mentor. Tiga makalah telah dijadwalkan untuk ditinjau dalam sesi ini, mencakup tema-tema seperti kepemimpinan perempuan di pendidikan tinggi, perilaku digital generasi milenial, dan kepemimpinan virtual dalam tim global.

 FEB UNS berharap dapat memperkuat kapasitas riset kualitatif di kalangan akademisi serta mendorong peningkatan kualitas publikasi ilmiah yang berdampak bagi pengembangan ilmu dan masyarakat.

Melalui kegiatan ini, FEB UNS turut mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya SDG 4: Pendidikan Berkualitas dan SDG 9: Inovasi dan Infrastruktur, dengan memperkuat kapasitas penelitian dan budaya akademik yang berdampak.