15 Sep 2022

FEB UNS Menerima Kunjungan Tim Unit Penjaminan Mutu FEB Universitas Tadulako

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerima kunjungan Tim Unit Penjaminan Mutu (UPM) FEB Universitas Tadulako di Ruang Sidang 1 Gedung Soeharno TS, Selasa 13 September 2022.

Sesi diskusi pengembangan mutu di perguruan tinggi

Tim dari Universitas Tadulako diterima langsung oleh Wakil Dekan Perencanaan, Kerja Sama Bisnis dan Informasi, Dr. Mugi Harsono, Ketua Unit Penjaminan Mutu, Prof. Dr. Budhi Haryanto, MM serta Koordinator Bidang dan Gugus Kendali Mutu FEB UNS.

Dr. Mugi mengucapkan selamat datang kepada tim UPM FEB Universitas tadulako atas kunjungannya ke FEB UNS untuk berdiskusi tentang pengembangan mutu di pendidikan tinggi.

Menurutnya, pengembangan mutu adalah jantungnya pendidikan tinggi, sebuah proses yang wajib dilaksanakan. Dalam pelaksanaannya, membutuhkan tim yang tidak hanya cerdas namun juga membutuhkan kesabaran karena akan berhubungan dengan banyak pihak, banyak yang harus dikontrol dan dievaluasi.

Ketua UPM FEB UNS menyerahkan cindera mata

Sementara itu, Prof. Budhi dalam sambutannya mengatakan fungsi UPM adalah menjalankan fungsi-fungsi manajemen diantaranya adalah planning, organizing, directing, staffing, dan cotrolling. Secara umum, tugas UPM membuat kebijakan, standar dan peraturan dan membudayakannya.

“Kita harus punya ide kreatif, bagaimana mengaplikasikan fungsi-fungsi manajemen itu dalam bentul riil penjaminan mutu di tingkat fakultas” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan tugasnya,  UPM mengacu kepada standar pendidikan tinggi, dibantu oleh Koordinator Bidang Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Koordinator Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME), Koordinator Monitoring, Evaluasi dan Audit serta Gugus Kendali Mutu yang berada di masing-masing prodi.

Acara berlangsung lancar, masing-masing koordinator bidang dan juga gugus kendali mutu menyampaikan paparan terkait tugasnya dilanjutkan dengan sesi diskusi.