30 Jun 2022

FEB UNS Gelar Webinar Bahas Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian untuk Dosen

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar webinar bertema Seminar Penyusunan Proposal Penelitian Pengabdian bagi Dosen, Penyusunan Roadmap, State of the Art, dan Novelty dalam Penelitan. Kegiatan webinar diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting dan disiarkan langsung melalui YouTube Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS, Rabu (15/6/2022).

Acara dibuka secara resmi oleh Dekan FEB UNS, Prof. Dr. Izza Mafruhah, S.E., M.Si. Prof. Izza memaparkan bahwa kegiatan webinar ini dalam rangka mengembangkan FEB UNS dari segi penelitian dan pengabdian yang lebih bagus kedepannya.

“Harapannya materi yang didapat dari webinar ini dapat kita implementasikan untuk serta merta meningkatkan raihan dalam seleksi proposal penelitian dan pengabdian bagi dosen. Kita pun berharap apa yang disampaikan oleh kedua narasumber dapat memberikan wacana baru yang pastinya akan sangat bermanfaat bagi kita bersama,” ujar Prof. Izza dalam sambutannya.

Pemaparan materi yang pertama disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Semarang, Prof. Dr. Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti, M.Si. Prof. Suci memaparkan tentang Penyusunan Roadmap, State of Art, dan Novelty dalam Penelitian.

“Strategi untuk menyusun proposal yang menarik yakni menyusun latar belakang yang atraktif. Membuat latar belakang yang atraktif dapat dilakukan dengan mendeskripsikan kondisi ideal suatu hal/topik yang terkait langsung dengan penelitian, mendeskripsikan kondisi eksisting tentang suatu hal/topik tadi, menganalisis mengapa kondisi eksisting tentang sesuatu tersebut demikian, menyampaikan gagasan penelitian kita yang kreatif dan inovatif tentang sesuatu hal/topik tadi agar kondisi ideal tercapai dan disertai dengan penjelasan mengapa gagasan tersebut lebih baik dari gagasan sebelumnya dan pentingnya penelitian terkait gagasan tersebut untuk dilakukan, mendeskripsikan perumusan masalah menjadi tujuan yang terukur, serta menyusun rumusan masalah yang memuat unsur gagasan kita untuk mencapai kondisi ideal,” terang Prof. Suci. (Humas)

Diunggah dari uns.ac.id