16 Agu 2022

BPU FEB UNS Gelar Serangkaian FGD, Sinergi Perguruan Tinggi dengan Pemerintah, BUMN, BUMD dan Pelaku Bisnis

Badan Pengelola Usaha Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar serangkaian Focus  Group Discussion (FGD) selama tiga hari pada tanggal 27-29 Juni 2022 di UNS Inn Solo.

Hari pertama FGD yang bertemakan Sinergi Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Guna Pembangunan Ekonomi Jawa Tengah diikuti oleh peserta dari pemerintah daerah/pemerintah kota se eks Karesidenan Surakarta.

Di kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Edi Sulistyo Bramantyo, S.E., M.M, Kepala Biro Perekonomian Setda Jawa Tengah, Agung Riyadi, Kepala Balitbangda Kota Surakarta dan Dr. Suryanto, SE, M.Si, Akademisi FEB UNS.

Mewakili Dekan FEB UNS, Dr. Mugi Harsono, SE, M.Si, Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama Bisnis dan Informasi dalam sambutannya mengatakan sejak UNS berstatus PTNBH maka tuntutan terhadap peran UNS semakin kuat, bukan sekedar menjadi menara gading tetapi UNS harus benar-benar menyatu dengan masyarakat, paham tentang akar permasalahan yang terjadi dan secara aktif memberikan  solusi.

“Kampus ini adalah milik masyarakat,  kami harus paham apa yang terjadi di masyarakat. Akademisi kampus yang terbiasa dengan penelitian, berteori akan membersamai para praktisi membuat narasi fundamental agar permasalahan yang terjadi di masyarakat tersolusikan, mensinergikan pemikiran para akademisi dan praktisi untuk berjalan bersama. Inilah mengapa FGD ini harus diadakan” paparnya.

Dr. Mugi berharap, FGD  ini  bisa dilanjutkan dengan pertemuan-pertemuan yang lain.

Sementara itu, Wakil Rektor Perencanaan, Kerjasama Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Dr.rer.nat Sajidan, M.Si,  mengapresiasi penyelenggaraan FGD selama tiga hari berturut-turut oleh BPU FEB UNS.

Pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo selalu menekankan agar kampus harus segera bergerak. Di perguruan tinggi bergerak dengan Kampus Merdeka Merdeka Belajar. Sejak UNS berstatus PTNBH, tanggal 6 Oktober 2020 UNS memiliki fleksibilias dalam pengelolaan bisnis dan akademik.

“UNS sudah memiliki PT Semar Sarana Sejahtera. Saat ini masih memayungi hasil-hasil penelitian dosen dan mahasiswa yang diharapkan menjadi pendukung untuk meningkatkan IKU dan juga peran UNS di masyarakat. UNS juga telah menjalin kerja sama dengan banyak pihak “ paparnya.

Dikatakan pula bahwa FEB memiliki banyak ahli, program studinya mulai dari S1, S2 hingga S3 telah terakreditasi unggul. FEB juga telah banyak menjalin kerjasama baik di tingkat nasional maupun internasional. Dan saat ini telah memiliki program studi baru, Prodi S1 Bisnis Digital, suatu lompatan kerjasama dengan OJK dan PUI Fintech and Banking UNS.

Di penutup sambutannya, Prof. Sajidan berharap serangkaian FGD ini mencapai rumusan untuk meningkatkan pengembangan perekonomian Jawa Tengah. perguruan tinggi, pemerintah daerah dan dunia industri serta media bersinergi dalam mengembangkan perekonomian di Indonesia yang basisnya bisnis digital.

Reporter dan Editor:  Humas