23 Mei 2024

Bantu Tumbuh Kembang Balita, GRISKA FEB UNS Gelar Workshop Bertemakan Gizi Maksimal dengan Dana Minimal untuk Para Kader Puskesmas Musuk Boyolali

Grup Riset Institusi dan Pasar Keuangan (GRISKA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) bekerjasama dengan Puskesmas Musuk Boyolali melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada para kader Puskesmas dalam rangka pengabdian masyarakat bertajuk Workshop Tumbuh Kembang Balita, Gizi Maksimal dengan Dana Minimal.

Kegiatan yang telah dilaksanakan Sabtu, 30 September 2023 bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pada kader dan masyarakat terkait isu-isu tumbuh kembang balita.

Topik pertama disampaikan oleh Direktur Lembaga Riset dan Konsultasi MATARIDA, Endrika Laksono mengenai peran penting gizi keluarga dalam perkembangan anak.

Topik selanjutnya mengenai tingkat stunting balita di Boyolali dan penanganannya yang dibawakan langsung oleh Ahmad Faizin, S.Kep., Ns, Kepala Puskesmas 1 Musuk Boyolali.

Dalam topik tersebut, Ahmad memaparkan mengenai tren kasus stunting di wilayah Boyolali. Saat ini kasus stunting lebih banyak terjadi di wilayah perkotaan. Hal tersebut terjadi sebab kurangnya memberian air susu ibu (ASI) eksklusif kepada balita.

Sesi ketiga diisi oleh Nur Hayati, AMG sebagai Ahli Gizi Puskesmas Musuk Boyolali, yang diisi dengan diskusi mengenai gizi penting dalam tumbuh kembang bayi dan balita.

“Tumbuh dan kembang merupakan proses yang berkesinambungan dan juga dipengaruhi oleh faktor genetik serta lingkungan termasuk gizi yang baik” tutur Nur Hayati.

Selanjutnya penyampaian dari Rachmad Agus Yulianto, peneliti Lembaga Riset dan Konsultasi MATARIDA dengan materi mengenai belanja hemat gizi selamat.

Sesi terakhir adalah menyampaian materi dari Arum Setyowati, S.E., M.M., Dosen FEB UNS mengenai budgeting menu gizi seimbang.

Dalam sesi diskusi tersebut, para kader puskesmas diberi pemahaman mengenai panduan dalam merencanaan belanja makan mingguan yang bergizi.

Kegiatan workshop ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru kepada para kader mengenai pentingnya gizi yang maksimal bagi bayi dan balita terhindar agar dari stunting.