23 Mei 2024

Asesor UNS Inclusion Metric Site Visit ke FEB

Tim Asesor UNS Inclusion Metric yang terdiri atas Dr. Herry Widyastono, M.Pd., Dr. Tri Rejeki Andayani, S.Psi., M.Si., Dewi dan Sri Rejeki, S.Pd.,M.Pd. melakukan site visit ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS), Senin 6 Maret 2023.

Kedatangan Tim yang diterima oleh Pimpinan FEB di Ruang Sidang 1 Gedung Soeharno TS tersebut untuk mengkonfirmasi Borang UNS Inclusion Metric yang sebelumnya telah dikirimkan FEB.

Beberapa hal yang dikonfirmasi dari borang diantaranya standar pembelajaran, standar dukungan psikologi, standar sarana fisik dan standar kelulusan bagi penyandang disabilitas.

Wakil Dekan SDM, Keuangan dan Logistik FEB, Dr. Djuminah saat memberikan sambutan

Lomba UNS Inclusion Metric yang diinisasi oleh Pusat Studi Difabilitas (PSD) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menjadi salah satu agenda dalam rangka memperingati Dies Natalis UNS ke- 47. Lomba ini diikuti oleh fakultas dan sekolah di lingkungan UNS.

Wakil Dekan Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Logistik FEB UNS, Dr. Djuminah menyambut baik kehadiran ketiga asesor UNS Inclusion Metric.

Dikatakan, FEB saat ini sudah memfasilitasi  sarana bagi penyandang disabilitas diantaranya tempat parkir, ram, toilet khusus. Namun memang masih ada beberapa yang perlu pembenahan dan peningkatan.

Tim Asesor UNS Inclusion Metric

“Kami  masih memiliki kekuatan dan semangat untuk berusaha semaksimal mungkin memperbaiki layanan khususnya bagi penyandang disabilitas dan saat ini sudah ada yang dalam proses, renovasi, silahkan nanti bisa dilihat ke lapangan ” paparnya .

Wakil Dekan Akademik Riset dan Kemahasiswaan FEB, Prof Izza Mafruhah menambahkan, di tahun ini, untuk memperlancar proses pembelajaran bagi mahasiswa tuna rungu dan wicara yang ada di FEB, pimpinan juga telah menugaskan tiga Juru Bicara Isyarat (JPI). Selain itu para dosen pengampu juga sangat memberikan dukungan pembimbingan bagi mahasiswa tersebut.

Mengawali sambutannya, Dr. Tri Rejeki Handayani berterimakasih kepada pimpinan FEB dan Tim Borang UNS Inclusion Metric di FEB yang menerima dengan hangat.

“Kita semuanya sedang sama-sama berbenah untuk mewujudkan kampus yang inklusif, kampus yang menyediakan pelayanan dan fasilitas yang layak dan dapat diakses oleh setiap warga kampus, termasuk para penyandang disabilitas” paparnya.

Selanjutnya dikatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya dan dilaksanakan pada Dies Natalis UNS.

Site visit ini penting untuk memastikan kevalidan isian dalam borang. Selain itu juga dimungkinkan ada tambahan data atau informasi untuk melengkapi borang yang telah tersusun.

Berdasarkan data yang ada pada asesor PSD, saat ini di FEB ada tiga mahasiswa disabilitas. Tim mengkonfirmasi data tersebut dan sejauh mana fakultas melakukan pendampingan dan menyiapkan sarana prasarana agar penyandang disabilitas lebih nyaman untuk melakukan aktifitas pembelajaran di lingkungan kampus.

Pada penilaian standar dukungan psikologi, indikatornya adalah tersedianya dokumen kebijakan perguruan tinggi tentang pemberian layanan psikologis dan sosial, layanan konseling khusus dan pelatihan peningkatan motivasi, tersedianya beasiswa, layanan kesehatan dan anggaran khusus pendampingan bagi mahasiswa disabilitas.

Sedangkan untuk standar fasilitas fisik, tersedianya pedestrian sepanjang jalan kampus, jalur pemandu tiap fakultas atau ruangan, rambu dan marka serta sarana transportasi dan tempat parkir khusus bagi penyandang disabilitas.

Selain itu, tersedianya ram bagi penyandang disabilitas untuk naik ke lantai 2 di gedung berlantai 2, lift bagi gedung yang memiliki 3 lantai atau lebih, lebar dan tiggi pintu aksesibel untuk kursi roda. Label dalam huruf braille pada semua fasilitas. Juga tersedianya toilet khusus dan tempat duduk khusus bagi penyandang disabilias disetiap fasilitas bagi disabilitas.

Usai konfirmasi isian borang, tim asesor melakukan cek ke lapangan di lingkungan FEB UNS diantaranya ram, toilet khusus, area parkir untuk disabilitas  di area Gedung Soeharno dan juga di sekitar Masjid Al-Latief.