15 Mei 2024

Grup Riset Institusi dan Pasar Keuangan FEB UNS Latih Pegawai  RS PKU Aisyiyah Boyolali

Grup Riset Institusi dan Pasar Keuangan (GRISKA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) bekerja sama dengan RS PKU Aisyiyah Boyolali melaksanakan kegiatan pelatihan tentang strategi pengelolaan keuangan personal.

Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut telah dilaksanakan pada Sabtu, 2 September 2023 di aula rumah sakit dan diikuti pegawai RS PKU Aisyiyah Boyolali.

Tujuan kegiatan untuk memberikan wawasan kepada para pegawai tekait pentingnya mengelola keuangan.

Topik pertama dibawakan oleh Direktur Lembaga Riset dan Konsultasi Bisnis MATARIDA, Endrika Laksono, yang menjelaskan agar para pegawai menetapkan apa saja yang menjadi tujuan keuangannya.

Topik selanjutnya tentang perencanaan keuangan personal yang disampaikan oleh Wahyu Trinarningsih, S.E., M.M., M.A., Dosen Manajemen FEB UNS.

Dalam materinya, Wanyu memaparkan mengenai perencanaan keuangan hingga bagaimana cara menabung dan berinvestasi yang benar.

“Tujuan keuangan adalah untuk menentukan apa yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu, seperti membeli rumah atau membayar kuliah, merupakan dasar dari pengelolaan keuangan personal yang efektif,“ tutur Wahyu.

Sesi ketiga, Deny Dwi Hartomo, S.E. M.Sc., Dosen FEB UNS menyampaikan bahasan  tentang simulasi perencanaan keuangan.

Ia mengajarkan para pegawai bagaimana caranya membuat catatan harta dan utang, membuat catatan penghasilan dan pengeluaran sebulan, menghitung perbandingan ukuran isi dompet, mengevaluasi kesehatan dompet, dan menjelaskan mengenai seperti apa anggaran yang ideal.

Selanjutnya yaitu penyampaian materi dari Ayya Agmulia Asmarani Islam S.E., M.E.,  peneliti PUI Center of Fintech and Banking UNS.

Menurutnya keuangan pribadi perlu diperiksa secara berkala, minimal 1 tahun sekali untuk merencanakan pengeluaran kedepannya.

Sesi terakhir Inas Nurfadia Futri S.M, asisten peneliti PT DEFINIT menjelaskan mengenai perancangan anggaran pribadi secara bulanan.