25 Jun 2024

Siapkan Akreditasi LAMEMBA, Prodi Akuntansi Adakan Road to Accreditation: How to Get Outstanding Grade From LAMEMBA

Program Studi (Prodi) S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sbelas Maret (UNS) menggelar Road to Accreditation: How to Get Outstanding Grade From LAMEMBA, Rabu 14 Desember 2022 di UNS Inn Solo.

Di kegiatan tersebut, Prodi menghadirkan Yudha Aryo Sudibyo, SE, M.Sc. Ak. Ph, D., CA, dari Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) untuk berbagi pengalaman dalam persiapan Akreditasi LAMEMBA.

Di awal paparannya, Yudha menyampaikan materi sudah ada, tinggal bagaimana framing agar sesuai keinginan asesor. Asesmen lapangan berlangsung selama dua hari dengan berbagai kelengkapan dokumen yang harus dipersiapkan.

Pada hari pertama asesmen lapangan dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan sesi dengan pimpinan Unit Pengelola Program Studi (UPPS) yang dihadiri rektor, dekanat, ketua jurusan, koordinator program studi, tim Gugus Kendali Mutu (GKM) serta tim penyusun borang.

Konfirmasi data dan informasi dalam Data Kuantitatif Program Studi (DKPS) dihadiri ketua tim penjaminan mutu universitas, menampilkan rencana pembelajaran secara singkat. Di sesi dengan pelaksana penjaminan mutu internal yakni pengecekan dokumen sambil mengalir

Dikatakan juga untuk agenda dengan eksternal sesinya bisa diatur sedemikian rupa dan penggunaan ruangan secara panel.

Pada hari kedua, penyampaian feedback oleh asesor dan penutupan.

Lebih lanjut dijelaskan, dokumen evaluasi diri yang perlu disiapkan diantaranya MBKM, kelas internasional meliputi penggunaan bahasa, electronic book dan pertukaran pelajar; pendanaan untuk penelitian; Output kerjasama, misal terkait kerjasama pendidikan, penelitian, PKM, karena bisa terkait dengan keuangan dan sarana prasarana; Prestasi atau aktivitas mahasiswa di level internasional: pelatihan, kejuaraan, conference; Kolaborasi internasional dalam team teaching, tidak hanya kuliah umum. Exchange bisa dilakukan tidak harus secara in person.

Untuk kelengkapan Data Kuantitatif Program Stud (DKPS) perlu disiapkan data  Kepegawaian meliputi konsep menggunakan dosen sebagai dosen tetap, latar belakang keahlian, Ekuivalen Waktu Mengajar Penuh (EWMP) diminta menunjukkan di prodi dan di luar prodi; Kepuasan pengguna: berkaitan dengan tim penjaminan mutu, ditanyakan betul kuesioner, hasil dan report, dicek di website; dan Luaran mahasiswa: conference, HAKI, kolaborasi dengan dosen.

Ditegaskan, untuk mencapai unggul, harus lebih dari 18 unggul dari total 27 dimensi yang dipersyaratkan dalam Akreditasi LAMEMBA .

Usai paparan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini diharapkan memberikan kemanfaatan yang lebih,  Prodi S1 Akuntansi semakin bersiap dalam menghadapi akreditasi LAMEMBA dalam waktu dekat ini. (Tetri)