04 Mar 2024

RG Pemasaran dan Keperilakuan FEB UNS bersama ISEI Diskusikan Pengembangan Jurnal Bereputasi dan Pengelolaan Publikasi Ilmiah

Research Group (RG) Pemasaran dan Keperilakuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) bersama Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Surakarta mengadakan Workshop dengan tema Mengembangkan Jurnal Bereputasi dan Mengelola Publikasi Ilmiah, Senin, 23 Oktober 2023 di Café BoloDewe Manahan, Solo.

Dr. Ahmad Ikhwan S., SE. MT, Ketua RG Pemasaran dan Keperilakuan FEB UNS dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Lukman Hakim, Ph.D dan Gunawan Setyadi yang berkenan menjadi narasumber pada workshop yang dihadiri oleh para akademisi UNS dan juga dari luar UNS.

“Workshop ini diselenggarakan atas kepedulian kami dari RG Pemasaran dan Keperilakuan, setelah melalui diskusi dengan ISEI yang memiliki divisi publikasi untuk mengembangkan Jurnal yang bereputasi. Harapannya ada satu wadah yang secara teknis bisa membantu pengelolaan publikasi artikel atau tulisan-tulisan sivitas akademika, khususnya di FEB.” ungkapnya.

Lukman Hakim, Ph.D  menambahkan, selama ini, untuk jurnal di FEB embrionya sudah ada di setiap program studi, namun yang terpenting adalah keberlanjutannya hingga sampai pada scopus.

“Embrionya sebenarnya sudah ada di setiap prodi. Agar dapat berkelanjutan dan bisa masuk scopus maka dasar-dasar yang penting dalam membangun jurnal adalah konsistensi sejak awal, terbitnya tidak boleh terlalu banyak dan tidak boleh terlalu sedikit dan mitra bestarinya juga terkontrol. Pengelolaannya dikerjakan oleh lembaga profesional yang ditunjuk oleh fakultas, jadi bukan kerja sampingan dari sivitas akademika” jelasnya kemudian.

Lebih lanjut Lukman, Ph.D menceritakan dinamika pengelolaan organisasi profesi dan juga publikasi di ISEI.

Sementara itu, Gunawan dalam materinya memaparkan bahwa publikasi internasional sebagai hasil penelitian merupakan salah satu kriteria penting untuk mendapatkan akreditasi dan pemeringkatan perguruan tinggi yang lebih tinggi.

Dikatakan, berdasarkan data base Sinta, UNS Menghasilkan 8.557 dokumen Scopus dengan sitasi sebanyak 49.157 per Januari 2022 dimana 3% dari publikasi tersebut dimuat di top journal persentil top 10% dan 8,4% masuk dalam top 10% yang paling banyak dikutip di seluruh dunia. Namun, publikasi di bidang bisnis, manajemen dan akuntansi hanya menyumbang 3% dan 5,6% untuk Ilmu Pengetahuan Sosial.

Lebih lanjut disampaikan ikhtisar publikasi FEB di scopus per Januari 2022 telah menghasilkan 226 dokumen (159 artikel jurnal, 7 book chapter dan 60 conference paper).

“Harapan untuk melihat angka tersebut berlipat ganda dalam waktu dekat cukup besar karena ada cukup banyak lektor kepala yang berpotensi diangkat menjadi guru besar. Dengan sumber daya dan modal yang dimiliki FEB,  dapat mensupport UNS, menjadi universitas riset kelas dunia adalah suatu yang tinggi dan dapat segera terwujud” tegasnya kemudian.

Itulah mengapa perlunya membentuk klinik jurnal di FEB.  Keberadaan klinik ini adalah untuk memberikan bantuan publikasi internasional bagi mahasiswa S1, S2, S3 dan dosen, mulai dari penyerahan hingga proses publikasi di Jurnal Internasional Terindeks Scopus/ Thomson ISI.

Juga memberikan dukungan teknis publikasi ilmiah kepada dosen dan mahasiswa, meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi penelitian di FEB. Juga meningkatkan kerjasama dengan menjembatani keterkaitan antara Dosen FEB dengan institusi internasional dan nasional.

Di forum tersebut, peserta aktif berdiskusi, memberikan saran dan masukan kepada kedua narasumber .