21 Mei 2024

Prodi S1 Akuntansi Hadirkan Tiga Alumni, Berbagi Pengalaman Sukses

Prodi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) adakan Kuliah Umum bertemakan Exploring Career Opportunities for Accounting Graduates, Sabtu 17 Juni 2023.

Acara yang digelar secara hybrid di Ruang Sidang 1 Gedung Soeharno TS dan Zoom Meeting itu menghadirkan tiga narasumber alumni Akuntansi FEB UNS, Aldiansyah Syahrizal, Accounting di BUMN ID Food, Akhila Santika Kirana, Junior Supervisor di OJK dan Alma Yulia Putri Azahari, Junior Consultant di Baldwin Bayle Group.

Plt. Kepala Program Studi S1 Akuntansi, Prof. Agung Nur Probohudono, S.E., M.Si., Ph.D., Ak., CA., CFrA mengucapkan terima kasih kepada narasumber dan  seluruh peserta yang hadir.

“Saya harapkan di acara kali ini teman-teman narasumber bisa mengeksplor pengalaman karirnya dan bisa dibagikan kepada mahasiswa, setelah lulus dari akuntansi itu arahnya ke mana kemudian tips-tips bagaimana, soft skill yang diperlukan apa saja ketika  nanti masuk di dunia kerja dan bagaimana proses rekrutmennya” ungkapnya.

Selanjutnya Prof. Agung menyampaikan, setelah memasuki dunia kerja pastinya berbeda dengan dunia kampus. Sebagai seorang lulusan akuntansi apakah harus menjadi akuntan atau berbagai peluang lain dan bagaimana cara mempersiapkannya. Saat ini, lulusan Akuntansi UNS sudah dibekali sertifikat pendamping ijazah, menurut ketiga narasumber apakah itu juga sangat memiliki manfaat.

Narasumber juga bisa berbagi pengalaman semasa kuliah dulu, apakah cukup belajar menjalani perkuliahan di setiap semesternya apakah juga sangat perlu untuk berorganisasi, silahkan kalian bisa berbagi cerita kepada adik-adik kelas.

Lebih lanjut disampaikan, berdasarkan pemeringkatan World University Ranking (WUR) by Subject yang dirilis pada Januari 2023,  Akuntansi UNS masuk 300 besar dunia, di Indonesia peringkat 4 setelah UNAIR, UI, dan UGM.

Adanya pencapaian ini menjadi modal penting untuk teman-teman semuanya untuk bisa percaya diri sebagai lulusan dari FEB UNS, khususnya S1 Akuntansi untuk sukses ke depannya.

Ketiga narasumber berbagi pengalamannya mulai dari lulus sebagai mahasiswa akuntansi FEB UNS hingga meniti karirnya di dunia kerja.

Materi ketiga narasumber dapat disimpulkan bahwa persiapan karir itu panjang maka persiapkan dengan baik, pastikan tujuan, jangan pernah takut untuk belajar dan berubah dan jangan ragu untuk mengambil opportunity.