08 Mar 2021

Lebih dari 6000 Peserta Ikuti Sosialisasi dan Pelatihan PKM

Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan  Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) secara daring diikuti oleh lebih dari 6000 peserta melalui aplikasi zoom cloud meeting maupun youtube FEB UNS, selasa 9 Februari 2021.

Kegiatan yang menarik banyak peserta dari mahasiswa dan juga dosen itu menghadirkan dua narasumber,  Dra. Ec. Aniek Maschudah Ilfitriah, M.Si, STIE Perbanas Surabaya dan Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, ST, MT,  Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS.

Prof. Kuncoro dalam arahannya menyampaikan, PKM yang ujungnya adalah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan ‘event’ ilmiah nasional dengan  keterlibatan mahasiswa dalam jumlah yang sangat besar. PKM merupakan wadah peningkatan mutu lulusan perguruan tinggi.

Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, ST, MT,  Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS

Di tahun 2020, UNS masuk dalam lima besar untuk mendapatkan pendanaan di Belmawa, ada 103 proposal yang lolos. Dan di tahun 2020 ini pula, UNS masuk dalam sepuluh besar perguruan tinggi lolos Pimnas dengan 23 proposal.

Jika dikaitkan dengan mutu lulusan, keterlibatan mahasiswa di PKM akan memberikan satu perubahan yang luar biasa. Para mahasiswa yang hadir di PKM dan Pimnas adalah yang memiliki pengetahuan akademik  yang sangat hebat. Hal ini menjadi salah satu filter siapapun yang menang Pimnas akan melekat pada curriculum vitae-nya, dan ini sangat bermanfaat ketika mahasiswa lulus.

Dengan seleksi yang sangat ketat, mahasiswa yang terlibat di PKM selain memiliki kehebatan dari academic knowledge,  juga dari sisi management skill, skill of thinking dan juga communication skillnya.

“Tim PKM yang lolos ke Pimnas mencerminkan satu keberhasilan kita menghasilkan  lulusan yang hebat dan kompetitif. Di tahun 2021 dengan tata kelola PTNBH diharapkan Tim UNS semakin meningkat peraihannya” paparnya.

Dra. Ec. Aniek Maschudah Ilfitriah, M.Si.

Sementara itu, narasumber dari STIE Perbanas, Aniek Maschudah mengatakan, Pimnas merupakan kompetisi yang luar biasa untuk meningkatkan kualitas mahasiswa. Tujuannya adalah memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan, kreatif dan inovatif serta objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

Beberapa bidang PKM diantaranya Penelitian, Kewirausahaan, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Gagasan Futuristik Konstruktif. Tidak hanya yang eksakta, mahasiswa yang dirumpun ilmu humaniora pun memiliki cukup banyak kesempatan untuk berkompetisi diajang ilmiah nasional itu.

Kunci awal keberhasilan PKM adalah tim harus mempelajari benar-benar Pedoman PKM di laman https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/portal/. Mahasiswa juga harus  mengfungsikan dosen pembimbing secara optimal, bukan sekedar tanda tangan proposal. (Humas FEB)