29 Oct 2023

Focus Group Discussion FEB UNS Sukses Digelar, Bahas Strategi Fakultas Mencapai Reputasi Taraf Internasional

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) telah mengadakan FGD (Focus Group Discussion) yang merupakan rangkaian acara terakhir dari FEB UNS Sustainable Business Summit 2023. FGD dilaksanakan secara online menggunakan media Zoom Meeting pada Jumat, 27 Oktober 2023. Dengan mengangkat tema “Fostering Excellence in Economics and Business Faculty: Achieving Global Reputation through Cultural Synergy and Engagement“, FGD terlaksana dengan lancar.

 

FEB UNS Sustainable Business Summit 2023 mengundang empat pembicara dengan berbagai fokus bidang, yakni Yeshika Alversia, S.E., M.Sc. Veronica Ken Adiani Windoe, Willy Bachtiar, S.I.Kom., M.I.Kom., dan Anthony Hartanto. FGD dihadiri lebih dari 10 peserta, termasuk Wakil Dekan FEB UNS, Kepala Divisi Inkubator Bisnis UNS Innovation Hub, serta para panitia yang telah menyiapkan acara tersebut.

Rangkaian acara FGD diawali dengan sambutan oleh Dr. Dwi Prasetyani, S.E., M.Si., Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan. “Kami berharap pertemuan hari ini berlangsung santai, komunikatif, dan tentunya insightful. Saya yakin FGD ini merupakan awalan dalam serangkaian kegiatan kedepannya dalam mempersiapkan akreditasi internasional melalui kerja sama dengan universitas-universitas lain.”, ungkap Dr.Dwi dalam sambutan singkatnya.

 

FGD diawali dengan pemaparan materi Yeshika Alversia, S.E., M.Sc., selaku Kepala Akreditasi Internasional FEB Universitas Indonesia. “Peran Akreditasi Internasional dalam Peningkatan Kualitas dan Reputasi Universitas” merupakan judul yang dipaparkan dalam kesempatannya sebagai pembicara. Yeshika menyarankan FEB UNS untuk segera mengurus akreditasi internasional. “Akreditasi internasional dilakukan ketika fakultas telah memiliki visi dan misi yang sejalan, semangat untuk continuous improvement, international benchmark, dan menciptakan Standar Mutu Internasional (World Class University).”, jelasnya.

 

FGD dilanjutkan dengan pembicara kedua, yaitu Willy Bachtiar, S.I.Kom., M.I.Kom., selaku Dosen Komunikasi Digital dan Media Institut Pertanian Bogor. Beliau menyampaikan materi dengan judul “FEB UNS: World Class Branding in a Sustainable World”, topiknya berfokus pada pentingnya branding dalam FEB UNS. “Branding dalam fakultas sangatlah penting, karena fakultas juga merupakan suatu merek yang nantinya berdampak pada reputasi internasionalnya”, ujar Willy.

 

 

Setelah sesi pembicara kedua selesai, langsung dilanjutkan sesi pemaparan oleh pembicara ketiga, Veronica Ken Adiani Windoe. Perempuan yang kerap disapa Kendi ini adalah seorang Brand Expert dan Dewan Penasihat Perhumas Indonesia. Sama hal nya dengan Willy Bachtiar, Kendi juga memiliki fokus pada branding. Dalam pemaparan materinya, Kendi mengidentifikasi dan memberi saran cara-cara yang cocok untuk diterapkan FEB UNS dalam melakukan rebranding. Selain itu, Ia juga memberikan strategi komunikasi untuk meningkatkan reputasi FEB UNS ke arah yang lebih maju setara standar internasional.

 

Sesi pemaparan materi terakhir disampaikan oleh Anthony Hartanto selaku Business Development Strategist pada Suitmedia Digital Agency. Anthony memaparkan materi terakhir dengan membawakan judul “Being Academically Social ”. Menurutnya dalam melakukan kegiatan rebranding, FEB UNS dapat lebih fokus pada kegiatan research journal. Hal ini dikarenakan tingkat literasi di Indonesia masih tergolong rendah.

 

 

Setelah sesi FGD pertama yaitu pemaparan materi oleh keempat pembicara selesai dilakukan, maka kegiatan selanjutnya adalah sesi FGD kedua. Pada sesi ini dilakukan diskusi penerapan rencana rebranding FEB UNS. Dilanjut dalam sesi FGD yang ketiga, ditetapkannya rumusan strategi rencana rebranding FEB UNS dalam membangun brand dan positioning yang ditetapkan serta kebijakan branding yang diperlukan untuk kebutuhan fakultas. Di penghujung acara, Dila Maghrifani S.E., B.Sc.,  M.Sc., Ph.D moderator FGD menyampaikan hasil diskusi.