23 Jul 2024

FEB dan UNS Innovation Hub Gelar Expert Lecture “Sales Ethics”

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Sebelas Maret (UNS)  dan  UNS Innovation Hub,  Direktorat Inovasi dan Hilirisasi UNS  menyelenggarakan Expert Lecture ‘Sales Ethics: Look beyond what you can see’ dengan pembicara Dr. Colin Mackenzie dari Edinburgh Napier, University, UK,  Rabu 5/10/2022 di Aula Konimex3 Gedung Bachtiar Effendi FEB UNS dan virtual melalui Zoom Cloud Meeting

Catur Sugiarto, Ph.D, Head of Start-ups and Incubation UNS Innovation Hub  dihadapan lebih dari 130 peserta baik secara daring maupun luring menyampaikan sambutan sekaligus berterima kasih atas kehadiran Dr. Collin secara langsung di UNS.

“Terima kasih kepada Dr. Collin yang telah bersedia datang ke UNS untuk membagikan pengetahuan, pengalaman, dan wawasan. FEB UNS telah sukses menyelenggarakan berbagai agenda akademik di tingkat internasional dan salah satunya kuliah tamu pada siang hari ini di bidang ‘Ethics in sales and B2B selling’ (etika penjualan dan penjualan bisnis ke bisnis). Kita akan belajar dari Dr. Collin terkait dua topik tersebut dalam konteks global dan asia. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada UNS innovation hub atas dukungan dan kerja kerasnya dalam melaksanakan agenda ini,” ungkapnya.

FEB saat ini juga menjadi bagian dari kolaborasi SEASAC (South-East Asian Sales Competition), co-funded by ERASMUS+, yang bertujuan untuk memperkuat kapabilitas universitas di Asia Tenggara untuk mempersiapkan B2B sales profesional yang berketerampilan tinggi untuk pasar internasional yang sedang berkembang.

Informasi tersebut diungkapkan oleh moderator acara, Lintang Ayuninggar sebelum paparan materi oleh Dr. Collin. Kolaborasi SEASAC tersebut melibatkan 12 universitas di kawasan Asia Tenggara dan Eropa.

“Proyek kerja sama ini menjadi kesempatan yang sangat baik bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang riil, tidak hanya pengetahuan tapi keterampilan. Proyek ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan keterampilan tersebut. Ada banyak mahasiswa yang berpartisipasi dalam kompetisi SEASAC menyatakan bahwa mereka belajar sesuatu hal baru tentang diri mereka,” ungkap Dr. Collin mengenai pendapatnya tentang SEASAC.

Paparan materi dibuka dengan perkenalan dari Dr. Collin dengan format yang sering dikenal dengan ‘elevator pitch’ atau perkenalan singkat yang bisa digunakan untuk memperkenalkan diri dalam berbagai situasi maupun kegiatan. Perkenalan tersebut biasanya mencakup tiga aspek yaitu nama, pekerjaan atau status, dan nilai atau keterampilan yang dapat ditawarkan. Dr. Collin kemudian mengundang mahasiswa yang hadir untuk mencoba membuat elevator pitch dengan memperkenalkan diri.

“Inti dari penjualan adalah interaksi atau percakapan, dan hal tersulit dalam interaksi adalah perkenalan. Inilah kenapa sangat penting bagi anda untuk mempersiapkan perkenalan (elevator pitching), karena anda tidak pernah tahu kapan anda akan membutuhkannya,” jelas Dr. Collin.

Paparan materi berlanjut dengan materi terkait arti dari etika, mengapa etika penting, permasalahan terkait etika, serta penerapan etika penjualan dalam organisasi. “Penjualan itu berawal dari kepercayaan, tanpa kepercayaan tidak akan terjadi penjualan.”

Acara expert lecture berlangsung dengan sangat interaktif, Dr. Collin sangat komunikatif,  akrab berbaur dengan peserta yang hadir. (Tetri & Aulia)