25 Jun 2024

FEB Bertambah Dua Profesor Baru

Dua guru besar baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS),  Prof. Dr. Bandi, M.Si., Ak. dan Prof. Dr. Izza Mafruhah, SE, M.Si.yang telah dikukuhkan bersama dengan tiga  guru besar dari Fakultas Pertanian  dan satu dari Fakultas Teknik pada Selasa, 9 Maret 2021  merupakan kado terindah bagi UNS saat merayakan Dies Natalisnya yang  ke-45.

Prof. Bandi merupakan guru besar bidang Ilmu Akuntansi dari Prodi Akuntansi FEB, saat ini  menjabat sebagai Wakil Rektor  Bidang Umum dan Sumber Daya Manusia UNS. Di pengukuhan, Prof. Bandi menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul Kejujuran dalam Pelaporan untuk Meningkatkan Kepercayaan Pengguna pada Laporan Keuangan.

Prof. Bandi saat menyampaikan pidato pengukuhan guru besar

Sedangkan Prof. Izza merupakan guru besar Bidang Ilmu Ekonomi Pembangunan dari Prodi Ekonomi Pembangunan, saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FEB UNS. Di pengukuhan, Prof. Izza menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul Implementasi Financial Inclusion bagi Pekerja Migrant Indonesia,  Best Practice Teori Permanen Income Life Cycle Hypothesis.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho dalam sambutannya sangat bangga dengan hadirnya 6 profesor baru di UNS. Selamat bergabung kepada 6 guru besar baru dalam keanggotaan dewan professor. Kehadirannya akan meningkatkan reputasi akademik UNS,  khususnya di dalam bidang riset dan inovasi.

“Peristiwa ini patut dicatat dalam sejarah UNS karena baru kali pertama UNS menyelenggarakan pengukuhan guru besar yang jumlahnya 6. Suatu jumlah yang tidak biasanya, biasanya 1, 2 atau 3  ini adalah kado indah untuk Dies natalis ke-45 UNS. Dengan bertambahnya 6 guru besar baru maka jumlah seluruh guru besar di UNS adalah 235 orang dan 131 diantaranya adalah  guru besar aktif” paparnya.

Prof. Izza saat menyampaikan pidato pengukuhan guru besar

Meskipun diakui dengan bertambahnya 6 guru besar, sejatinya  belum mencukupi kebutuhan yang ideal, tapi setidaknya mampu mendorong dosen  lain untuk dapat diusulkan kenaikan jenjang akademik tertinggi yaitu guru besar.

Rektor mengajak kepada  6 guru besar agar lebih produktif melakukan riset,  menulis buku dan melakukan publikasi pada jurnal internasional serta menghasilkan karya inovatif apalagi di 2021 itu Kementerian Riset dan Teknologi atau  Badan Riset Nasional Inovasi Indonesia telah mengusulkan dana unggulan untuk 12 PTNBH yang nilainya 399,3 Miliar. Ini adalah  kesempatan yang baik sekaligus sebagai  ajang pembuktian bagi kita untuk menunjukkan klaster riset dan inovasi UNS  yang semakin maju dan dapat merespon masa depan dengan baik. (Humas FEB)