28 Nov 2022

Dr. Chandana Hewege Kembali Hadir dalam Rangkaian Kegiatan Visiting Profesor PKKM 2022 Prodi S1Manajemen

Rangkaian kegiatan Visiting Profesor Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2022 yang dilaksanakan oleh Program Studi (Prodi) S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta, masih terus berlanjut.

Kali ini Prodi S1 Manajemen menggelar Kuliah Tamu (Guest Lecture) bertajuk ‘Marketing Research Methods and Marketing Analysis I’ secara daring melalui Zoom Cloud Meeting.

Pada agenda yang dilaksanakan pada Kamis 24 November 2022 tersebut, Prodi S1 Manajemen kembali menghadirkan Dr. Chandana Hewege dari Swinburne Business School, Australia, yang membawakan materi berjudul ‘Marketing Research: Planning your undergraduate research project,’ selama kurang lebih 2 (dua) jam.

Mengawali paparan materi, Dr. Hewege menjelaskan sekilas mengenai definisi dari riset yang merupakan penyelidikan yang sistematik yang melibatkan proses sistematik untuk menemukan fakta-fakta, teori, maupun praktik baru.

Lebih lanjut Dr. Hewege menjelaskan alasan mengapa perusahaan perlu berinvestasi pada sektor riset dan pengembangan, antara lain karena pentingnya data pasar dalam penentuan pasar global dan pengambilan keputusan.

“Sebuah penelitian yang baik akan membantu perusahaan untuk merumuskan keputusan dan kebijakan yang akurat, artinya keputusan yang baik didukung dengan data dan penelitian yang baik,” jelas Dr. Hewege.

Namun begitu, Ia juga menyoroti perbedaan antara riset pasar (market research) dan penelitian pemasaran (marketing research). Menurutnya, meskipun kedua hal tersebut memiliki sisi yang bersinggungan (overlap), namun terdapat perbedaan mendasar, riset pasar hanya berfokus pada kondisi pasar, sementara riset pemasaran mencakup seluruh kegiatan-kegiatan pemasaran.

“Riset pemasaran lebih luas daripada riset pasar, riset pemasaran melingkupi seluruh kegiatan pemasaran maupun aspek dari pemasaran. Banyak mahasiswa yang berpikir bahwa riset yang mereka laksanakan adalah riset pemasaran, akan tetapi ternyata mereka sedang melaksanakan sebuah riset pasar karena hanya berfokus pada aspek-aspek seperti trend pasar, ukuran pasar, target pasar, dan segmentasi pasar,” ungkapnya.

Materi kemudian berlanjut ke pembahasan lebih mendalam terkait pendekatan yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa sebelum melaksanakan riset ataupun saat akan merencanakan penelitian skripsi.

Sementara dalam hal tahapan riset pemasaran global, Dr. Hewege merinci enam langkah riset yang perlu dilakukan oleh mahasiswa, antara lain merumuskan masalah penelitian, mengembangkan desain penelitian, menentukan kebutuhan informasi, pengumpulan data, analisis data dan interpretasi hasil, serta yang terakhir adalah penyusunan laporan hasil penelitian.

“Tujuan utama dari materi yang saya sampaikan hari ini adalah untuk memberikan sedikit gambaran dan background untuk Anda mempersiapkan riset skripsi Anda. Semoga materi tersebut bermanfaat dalam mendukung proses riset yang anda rencanakan,” ujar Dr. Hewege menutup sesi paparan materi.