08 Feb 2023

Berkunjung ke PDIE FEB UNS, Program Doktor FBE Universitas Islam Indonesia Diskusikan Pengelolaan Program Doktor

Program Doktor Ilmu Ekonomi (PDIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerima kunjungan dari Pengelola Program Studi Ilmu Ekonomi Program Doktor Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Islam Indonesia  UII di Ruang Sidang 1 Gedung Bachtiar Effendi, Senin  9 Januari 2022.

Rombongan diterima oleh Kepala Program Studi PDIE, Prof. Dr. Rahmawati, M.Si., Ak. dan Ketua Peminatan Ekonomi Pembangunan PDIE,  Tri Mulyaningsih, S.E., M.Si., Ph.D.

Prof. Rahmawati mengucapkan selamat datang kepada Pengelola Program Studi Ilmu Ekonomi Program Doktor FBE UII  atas kunjungannya ke PDIE FEB UNS untuk berdiskusi tentang pengelolaan program doktor.

Dalam sambutannya, Prof. Rahma juga menyampaikan secara singkat proses studi di PDIE dan juga beberapa kerja sama yang selama ini telah dilaksanakan.

Menurutnya, problem utama yang sebelumnya ada di PDIE terutama terkait masa studi mahasiswa dan ini telah diupayakan solusinya dengan melakukan monitoring dan evaluasi yang secara rutin dilakukan di tengah semester dan akhir semester.

Tri Mulyaningsih menambahkan, proses monitoring dan evaluasi yang telah diinisiasi Prof. Rahma tersebut harapannya mahasiswa akan melakukan laporan ke prodi dan studinya dapat berjalan dengan lancar. Untuk kasus tertentu, bagi mahasiswa yang memerlukan pertolongan, Kaprodi mengirimkan surat ke pimpinan tempat mahasiswa bekerja.

“Pada semester 2, mahasiswa melakukan independen studi, sekarang sudah terstruktur. Mahasiswa  melakukan literature review di bidangnya yang tujuannya adalah untuk mencari riset gap, khusus untuk minat manajemen dan ekonomi pembangunan. Di semester 3 ada research project agar mahasiswa terbiasa menulis dan di semester 4 mahasiswa menyusun proposal, dikondisikan juga dengan seminar proposal, baru kemudian bisa ujian proposal” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan,  PDIE juga memfasilitasi mahasiswa dengan ruang belajar di lantai 3 Gedung Bachtiar Effendi yang cukup memadai dengan kemudahan akses internet.

Kegiatan diskusi berlangsung sekitar dua jam, diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama.