08 Feb 2023

Prodi S1 Manajemen Gelar Workshop Kemitraan MBKM

Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar Workshop Kemitraan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Hotel Syariah Solo pada Sabtu 7 Januari 2023.

Kegiatan diikuti oleh seluruh mitra MBKM Prodi S1 Manajemen, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Surakarta, UMKM, Dosen dan juga mahasiswa.

Dalam sambutannya, Dr. Atmaji, MM, Kepala Program Studi (Prodi) S1 Manajemen FEB UNS menyampaikan bahwa Prodi S1 Manajemen menyambut program MBKM yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dengan menyusun berbagai program. Prodi telah mendesain program-program untuk menfasilitasi mahasiswa yang berminat melakukan MBKM.

“Alhamdulilah, ketika MBKM dilaunching, Prodi S1 Manajemen berlari cepat, sehingga pada saat Pak Menteri melakukan launching MBKM, Prodi S1 Manajemen langsung melakukan kegiatan walaupun baru 1 bidang yaitu pertukaran pelajar dalam negeri dan luar negeri, kemudian di semester berikutnya, dari 8 bidang MBKM ada mahasiswa yang mengambil dari masing-masing bidang itu” ungkapnya.

Delapan bidang MBKM yang bisa diambil oleh mahasiswa  meliputi pertukaran pelajar, magang atau praktik kerja, asistensi mengajar di satuan pendidikan, penelitian atau riset, proyek kemanusiaan, kegiatan kewirausahaan, studi/proyek independen, membangun desa atau kuliah kerja nyata tematik (KKNT). Bagi mahasiswa yang mengambil diakui kredit senilai 20 SKS yang dilakukan dalam waktu satu semester.

Dikatakan, dengan MBKM itu, mahasiswa tidak sekedar mendapatkan teori yang di peroleh kelas tapi juga benar-benar berpraktek, berinteraksi dengan  masyarakat sesuai bidang yang di ambil. Mahasiswa akan mendapat pengalaman bagaimana bermasyarakat, bagaimana bersosialisasi khususnya di bidang bisnis.

Perguruan tinggi tidak mungkin berjalan sendiri, perlu mitra kerja. Dr. Atmaji juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah  memfasilitasi kegiatan MBKM, kepada Kadin Surakarta yang telah menfasilitasi magang industri termasuk pelibatan mahasiswa dalam Solo Great Sale tahun 2022 kemarin.

Terima kasih juga disampaikan kepada 16 UMKM yang telah berpartisipasi dalam membimbing mahasiswa yang mengambil MBKM, khususnya dalam konsultasi bisnis selama 2 bulan terakhir.

Kegiatan workshop kali ini sekaligus menjadi penanda penarikan mahasiswa MBKM konsultasi bisnis dan dari 47 mahasiswa yang mengikuti kegiatan magang industri di Kadin Surakarta.

Selanjutnya, Ketua Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) PSM Prodi S1 Manajemen, Dr. Joko Suyono, M.Si memaparkan secara singkat pelaksanaan MBKM PSM.

Dikatakan, MBKM diperkuat oleh kementerian dengan menawarkan program-program kompetisi kampus merdeka.

“Prodi Manajemen sudah masuk tahun ke 2. Di tahun pertama, ada pengembangan laboratorium, Project Base Learning dan di tahun kedua pengembangan laboratorium virtual terkait data sains” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, inti dari tujuan MBKM adalah meningkatkan kompetensi lulusan, kompetensi dosen dan juga desain kurikulumnya. Ada 5 aktifitas yang diusulkan Prodi S1 Manajemen yakni pengembangan platform yang mendukung pembelajaran mahasiswa, pengembangkan inovasi keuangan digital, peningkatan kompetensi lulusan, peningkatan minat kewirausahan mahasiswa, dan peningkatan reputasi program studi.

Di kegiatan workshop tersebut juga disampaikan kesan dan pesan singkat dari perwakilan mitra tentang pelaksanaan MBKM dilanjutkan dengan pengumuman perhargaan tim terbaik dalam SGS 2022 dan penyerahan perjanjian kerjasama MBKM.