24 Mei 2024

Beragam Pertunjukan Daerah Meriahkan Pergelaran Budaya di FEB

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar beragam pertunjukan untuk memeriahkan Pergelaran Budaya di Halaman Gedung Djarwanto PS FEB, Jumat malam, 10 Juni 2022.

Gamelan dan gending Jawa, lagu-lagu daerah serta wayang kulit kontemporer dihadirkan sebagai wujud kepedulian FEB untuk melestarikan budaya daerah. Tamu undangan yang hadir pun diharapkan mengenakan pakaian adat nusantara.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho SH, M.Hum. memberikan apresiasi kepada FEB yang mampu menyuguhkan pergelaran budaya dengan sangat meriah. Rektor juga mengajak kepada seluruh hadirin untuk menyukseskan pergelaran budaya yang telah menjadi agenda rutin UNS, sekali dalam sebulan.

Sementara itu, Dekan FEB UNS, Prof. Djoko Suhardjanto, M.Com. (Hons) Ph,D, Ak. dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang telah berkenan hadir di kegiatan Pergelaran Budaya dan juga kepada seluruh tim yang telah kompak bekerja untuk kesuksesan seluruh rangkaian acara.

“Terima kasih untuk Pimpinan UNS, Pimpinan FEB, Dharma Wanita, Dosen, Tendik, Mahasiswa dan juga Alumni serta tamu undangan lain yang telah berkenan hadir di pergelaran ini. Dalam waktu persiapan yang tidak terlalu lama, Alhamdulillah FEB akhirnya bisa melaksanakannya. Silakan menikmati hiburan daerah yang kami sajikan, dan juga wedangan serta makanan yang telah kami siapkan, juga bisa diambil secara langsung di gerobak-gerobak hik di area pergelaran” Kata Dekan.

Dekan juga mohon kepada Rektor untuk meresmikan Gerbang Garuda Yaksa.  Gerbang Garuda Yaksa memiliki makna filosofi yang luhur.  Kata “Yaksa” diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti seorang setengah dewa yang bisa menembus langit. Ini merupakan sebuah harapan kami agar lulusan FEB UNS dapat “menembus langit”.

Di Gerbang Garuda Yaksa ini ada 8 pilar yang menunjukkan hastabrata. “Hasta” berarti delapan dan “brata” berarti perilaku pengendalian diri. Hastabrata melambangkan kepemimpinan dengan delapan unsurnya yaitu, bumi, matahari, api, samudera, langit, angin, bulan, dan bintang.  Gerbang ini sebagai lambang kepemimpinan yang ideal.

Pergelaran budaya diawali dengan peresmian Gerbang Garuda Yaksa FEB oleh Rektor UNS, Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Rektor UNS dan Dekan FEB, disaksikan oleh jajaran pimpinan UNS dan FEB serta tamu undangan.

Selanjutnya, pentas musik gamelan dengan 4 lagu yang dibawakan dengan sangat semangat oleh mahasiswa Program Doktor Ilmu Ekonomi (PDIE) FEB UNS, lagu Ojo Dipleroki, Perahu Layar, Gugur Gunung dan Sarung Jagung. Kemeriahan semakin bertambah karena Pimpinan UNS yang hadir turut serta dalam menyanyikan ke empat lagu tersebut.

Grup Band Tenaga Kependidikan (Tendik) FEB UNS dengan Vokalis Ardi Wikanto, Sub Koordinator Non Akademik turut memeriahkan acara dengan lagu-lagu daerah yang dibawakan.

Wayang Kontemporer dengan lakon Gathutkaca Senopati oleh Paguyuban Dalang Muda se Surakarta, Darmasuta menjadi pementasan terakhir di acara Pergelaran Budaya FEB.  (Tetri)