24 Nov 2021

Asesor BAN PT Lakukan Pemantauan Tahap 3 PDIE Secara Daring

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan Pemantauan Tahap 3 Program Doktor Ilmu Ekonomi (PDIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) secara daring, Rabu-Kamis, 24-25 November 2021.

Asesor yang ditunjuk untuk melakukan pemantauan yakni Prof. Dr. Samsubar Saleh, M.Soc.Sec. dari Universitas Gadjah Mada dan  Prof. Dr. Agus Suman, SE, DEA dari Universitas Brawijaya.

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Ir. Ahmad Yunus, M.S dalam sambutannya mewakili Rektor UNS di acara pembukaan, menyampaikan bahwa UNS sudah satu tahun  berubah statusnya dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Usaha (PTN BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH). UNS senantiasa meningkatkan mutu pendidikan terutama dalam hal akreditasi.

“Hingga tahun ini, sudah ada 15 Program Studi (Prodi) di UNS divisitasi akreditasi internasional, tahun depan kita tingkatkan lagi, paling tidak mencapai 20 program studi. Hal ini untuk memenuhi persyaratan UNS sebagai PTN BH” tegasnya.

Prof. Ir. Ahmad Yunus, M.S saat memberikan sambutan

Dikatakannya, dari prodi-prodi yang sudah terakreditasi unggul oleh BAN PT, paling tidak yang sudah mendapatkan dua kali penilaian baik maka kita ajukan untuk akreditasi internasional.

Peran dari lembaga penjaminan mutu di UNS besar sekali, setiap semester ada monitoring dan evaluasi internal dan juga audit internal di akhir tahun. Dan yang penting lagi adalah pengawasan penjaminan mutu,  baik dari BAN PT maupun lembaga akreditasi mandiri.

Prof. Yunus berharap kepada kedua asesor BAN PT, di pemantauan tahap 3 ini untuk memberikan pendampingan dan bimbingan, khususnya kepada Tim Taskforce PDIE FEB UNS.

Sementara itu, Prof. Samsubar dalam sambutannya menyampaikan, pemantauan yang dilakukan asesor adalah untuk mengkonfirmasi terhadap data-data PDIE yang telah disampaikan Tim Taskforce ke BAN PT.

Dekan bersama Tim Akreditasi  PDIE FEB UNS

Asesor yakin Tim Taskforce sudah berusaha optimal dan dalam proses asesmen ini, asesor tidak akan mencari di luar dari yang telah disampaikan tim ke BAN PT. Asesor berharap tim bisa memanfaatkan Pemantauan Tahap 3 BAN PT selama dua hari ini dengan baik, memperbaiki  atau menambahkan data-data sepanjang berada dalam periode akreditasi.

Senada dengan pernyataan Prof. Samsubar, Prof. Agus mempercayai bahwa di pemantauan terakhir ini, tim sudah menyiapkan dokumennya dengan baik.  Kita manfaatkan kegiatan ini, barangkali ada data-data yang akan diperbaiki atau ditambahkan, tentu saja sepanjang berada di dalam periode akreditasi.

Asesmen lapangan secara daring ini dimulai dengan konfirmasi data Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT),  sesi dengan tim akreditasi dan dilanjutkan dengan pelaksana penjaminan mutu internal.

Prof. Dr. Agus Suman, SE, DEA dari Universitas Brawijaya

Di hari kedua, diagendakan kerja mandiri tim asesor untuk penyiapan draf berita acara dan rekomendasi hasil pemantauan serta penyampaian feedback dan penandatanganan berita acara. (Humas)