16 Jun 2021

Angkat Tema Method in Economic Analysis and Academic Writing, Webinar MESP Hadirkan 2 Pembicara dari UKM

Program Studi Magister Ekonomi dan Studi Pembangunan (MESP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan webinar bertajuk Method in Economic Analysis and Academic Writing, 25-26 Mei 2021.

Dua pembicara internasional dari University Kebangsaan Malaysia (UKM) dihadirkan dalam webinar tersebut, Assoc. Prof. Dr. Tamat Sarmidi (Deputy Dean of Research and Innovation, Faculty of Economic and Management, UKM) and Assoc. Prof. Dr. Norlin Khalid the Cluster Head at the Center of Sustainable and Inclusive Development Studies UKM Malaysia.

Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FEB UNS, Prof. Dr. Izza Mafruhah, S.E., M.Si,  mewakili Dekan FEB UNS, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya workshop ini karena alat analisis statistik selalu berkembang baik alat analisis secara kualitatif maupun kuantitatif.

Menurut Prof. Izza, penulisan artikel yang dipublikasikan selalu menjadi hambatan bagi mahasiswa program pascasarjana yang hendak lulus. Hal ini terjadi karena mahasiswa seringkali terlalu fokus pada proses penulisan tesis, sementara proses publikasi artikel cukup memakan waktu dan sering dilupakan. Harapannya, dengan bimbingan para pakar akan sangat membantu mahasiswa dalam mempublikasikan artikel.

Pemateri di hari pertama, Assoc. Prof. Tamat Sarmidi (Deputy Dean of Research and Innovation, Faculty of Economic and Management, UKM) dengan bahasan Principal Component Analysis (PCA). Dr. Tamat menjelaskan dasar-dasar dari principal component,  cara menentukan kecukupan data untuk melakukan proses explanatory factor analysis, proses intepretasi hasil, dan prinsip-prinsip analisis reliability dalam penggunaan PCA menggunakan STATA. Materi dilanjutkan dengan pembahasan Propensity Score Matching, dan ditutup dengan Quintile Regression.

Paparan materi di hari kedua disampaikan oleh Assoc. Prof. Dr. Norlin Khalid, yang diawali dengan materi terkait academic writing dan publication, disusul dengan Recent Reseach in Covid-19.

Dr. Norlin menjelaskan mengapa publikasi artikel merupakan aktivitas yang penting di institusi pendidikan, antara lain karena adanya tuntutan pemenuhan indikator kinerja, tuntutan bagi akademisi untuk dapat berkontribusi pada bidang studinya, dan sebagai bentuk usaha dalam meningkatkan networking antar institusi pendidikan.

Tahapan proses publikasi harus dilalui oleh mahasiswa yang hendak mempublikasikan artikelnya di jurnal internasional bereputasi. Langkah-langkah tersebut meliputi proses penulisan review literatur, penentuan tujuan penelitian, menentukan kontribusi dari artikel yang ditulis atau penelitian yang dilakukan, serta proses proofreading oleh native speaker untuk memastikan bahwa artikel yang ditulis telah memenuhi kaidah penulisan dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

Artikel yang telah siap dipublikasi dapat terlebih dahulu dipresentasikan dalam forum ilmiah seperti seminar atau konferensi untuk mendapatkan masukan dan saran untuk perbaikan artikel. Langkah terakhir yang perlu diperhatikan adalah terkait penentuan jurnal yang dituju. Dimana penulis hendaknya memilih jurnal yang memiliki tujuan (scope) yang sesuai dengan topik artikel yang ditulis.

Dr. Norlin menambahkan bahwa untuk memperbesar kemungkinan publikasi hendaknya penulis dapat berkolaborasi dengan penulis atau peneliti yang telah dikenal di bidang tersebut, “Invite prominent author for collaboration (undang penulis yang telah terkenal untuk kolaborasi atau kerjasama,” katanya.

Dijelaskan pula secara rinci langkah-langkah strategis bagi mahasiswa untuk dapat mempersiapkan artikel publikasi dengan baik, yaitu dengan mempersiapkan abstrak yang menarik karena abstrak merupakan impresi pertama yang didapatkan dan menarik perhatian pembaca.

 

Reporter          : Aulia

Editor              : Humas FEB