01 Apr 2023

Adakan Orientasi Mahasiswa Baru, Prodi MM Hadirkan Sembilan Narasumber

Mahasiswa baru Program Studi (Prodi) Magister Manajemen (MM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengikuti Orientasi Mahasiswa Baru yang digelar Prodi MM, Kamis-Jumat, 30-31 Maret 2023, di Ruang Sidang 1 Gedung Soeharno TS.

Selain pengenalan prodi, di kegiatan orientasi tersebut, Prodi MM menghadirkan sembilan narasumber dari akademisi dan praktisi.

Tri Mulyaningsih, Ph.D. dan Anto Satrio Nugroho, Ph.D memberikan materi penulisan karya ilmiah, Dr. Mulyanto dan Dr. Ana Sriekaningsih dengan materi penulisan karya ilmiah populer, Suwarmin, MM dengan materi Tantangan Bisnis dan Skill Manajerial, Zahra Noor Eriza, MM dengan materi Reinventing Personality, Dr. Masmira Kurniawati dan Prof. Budhi Haryanto dengan materi Pengembangan Ide Penelitian, serta Erwina Sulistyaningrum, S.,Sos dengan materi Digital Literacy.

Wakil Dekan Akademik Riset dan Kemahasiswaan FEB UNS, Prof. Dr. Izza Mafruhah, SE, M.Si di awal sambutannya yang disampaikan secara daring mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru dan selamat bergabung menikmati proses pembelajaran di MM.

Selanjutnya dikatakan Prodi MM sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan terakreditasi internasional Abest 21. FEB UNS saat ini sedang bersiap untuk maju pada  akreditasi AACSB setelah dari tahun 2012 menjadi member.

“MM mempunyai slogan simbiosis mutaliasme, saling membutuhkan, saling bekerja sama sehingga insya Allah apa yang kita harapkan, yakni Prodi MM akan menjadi salah satu bagian dari AACSB FEB UNS dan mahasiswa bisa menikmati proses perkuliahan dan juga hasil kelulusan yang bagus juga” jelasnya,

Prof. Izza Mafruhah saat sambutan yang disampaikan secara daring

Prof. Izza memotivasi mahasiswa agar mampu menyelesaikan studi di MM maksimal 2 tahun dan tidak memperpanjang studi. Jika masuk ke MM dengan semangat 45 maka luluspun dengan semangat 45, input yang terbaik, output-pun juga yang terbaik.

Prof. Izza  juga berpesan agar mahasiswa jangan sungkan-sungkan untuk berkonsultasi jika menemui kendala. Sivitas akademika FEB UNS siap membantu mulai dari Dekanat, Kaprodi, Dosen, Tendik Akademik dan Non Akademik agar mahasiswa bisa menyelesaikan perkuliahan dengan baik dan lancar.

Kaprodi MM, Retno Tanding Suryandari, Ph.D menyampaikan Profil Prodi

Sementara itu, Kepala Program Studi (Kaprodi) MM, Retno Tanding Suryandari, Ph.D. menyampaikan kegiatan orientasi untuk mahasiswa baru MM ini merupakan upaya prodi untuk memastikan bahwa maba memahami alur dari kegiatan belajar mengajar dan memiliki gambaran tentang apa saja yang harus dihasilkan untuk bisa lulus dari Prodi MM.

Dikatakan, kurikulum Prodi MM didesain agar mahasiswa dapat menyelesaikan studi dalam 4 semester. Mahasiswa harus memiliki motivasi dan fokus selama menempuh studi agar dapat menyelesaikannya dalam 4 semester. Prodi telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk menunjang studi mahasiswa.

Lebih lanjut Kaprodi menyampaikan profil MM meliputi SDM, kurikulum, fasilitas di MM serta peringatan akademik.

“Untuk menyelesaikan program studi,  mahasiwa wajib menempuh 35 Satuan Kredit semester (SKS) yang terdiri dari 23 SKS matakuliah inti, 6 SKS mata kuliah minat, dan 6 SKS penulisan tesis. Diharapkan mahasiswa dapat lulus 4 semester. Dan itu sangat bisa. Semester 2 targetnya sudah menyusun proposal tesis” jelasnya.

Perkuliahan tidak hanya dilakukan dengan pemberian materi dikelas oleh dosen, mahasiswa MM juga dapat mengikuti kegiatan-kegiatan workshop dan kuliah umum yang diselenggarakan oleh prodi maupun fakultas.