18 Okt 2021

41 Tahun Mengabdi di UNS, Prof JJS Kontribusikan Kepakarannya  Dibidang Ekonomi Makro dan Ekonomi Pembangunan

Dekan dan segenap Civitas Akademika Fakultas Ekonomi dan Binis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Prof. Dr. Julius Jhonny Sarungu, MS atau yang biasa disapa akrab dengan Prof. JJS atas kontribusi dan darmabaktinya selama mengabdi di FEB UNS.  Kami berharap dalam memasuki purnabakti, Prof.  JJS selalu sehat, tetap terus berkarya, dan bahagia bersama keluarga tercinta.

Pernyataan itu disampaikan Dekan FEB UNS, Prof. Drs. Djoko Suhardjanto., M.Com. (Hons), Ph.D, Ak. pada kegiatan Webinar Orasi Ilmiah Penghargaan Purnabakti Profesor yang diselenggarakan luring di Ruang Sidang IV UNS dan daring melalui Zoom Cloud Meeting,  Rabu, 29 September 2021.

Dekan FEB Mengucapkan Terimakasih atas Pengabdian Prof. JJS

Dikatakannya, sejak diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil pada tahun 1980, Prof. JJS melakukan pengabdian luar biasa terhadap UNS selama 41 tahun.

“Ciri khas pria kelahiran Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, 11 Juli 1959 ini adalah jaket hitam dan saat mengajar selalu membawa kopi atau teh hangat. Prof JJS adalah dosen yang disiplin, ramah dan sabar. Menurut mahasiswanya, dalam mengajar pria berjaket hitam ini selalu menghargai pendapat dari mahasiswa. Tutur kata dan improvisasi saat mengajar membuat mahasiswa mudah paham dengan materi ajar. Pada saat membimbing tugas akhir, dengan sabar menjelaskan teori serta alur penulisan” jelasnya.

Prof. JJS  lulus pendidikan Strata 1 dari Universitas Kristern Satya Wacana Salatiga di bidang studi ekonomi pada tahun 1977. Lulus pendidikan Strata 2 di Universitas Indonesia dengan bidang studi Kependudukan dan ketenagakerjaan di tahun 1991. Lulus pendidikan Strata 3 di Universitas Airlangga Surabaya di bidang studi Ilmu Ekonomi pada tahun 2001.

Sebagai salah satu peletak dasar Fakultas Ekonomi khususnya di Program Studi Ekonomi Pembangunan, Prof. JJS pernah menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Ekonomi Pembangunan, Asisten Direktur Bidang Akademik Program Studi MM (S2) dan Sekretaris II Program Doktor Ilmu Ekonomi (S3) Pascasarjana FEB UNS.

Penyambutan Prof. JJS di Taman FEB Jaya

 

Prof. JJS sangat menginspirasi yuniornya, telah berkontribusi di bidang keilmuan dan, puluhan tulisannya baik berupa buku text, artikel yang dimuat dalam jurnal Internasional Bereputasi, Jurnal Nasional terakreditasi maupun dalam bentuk prosiding. Karyanya menunjukkan kepakaran di bidang Ekonomi Makro dan Ekonomi Pembangunan. Dia juga aktif dalam organisasi keilmuan antara lain Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia dan Member of The Australian Development Studies Network, The ANU, Autralia. (Humas FEB).