23 Mei 2022

14 Mitra MBKM Hadir di Workshop Kemitraan Program MBKM yang Digelar Prodi S1 Manajemen

Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar Workshop Kemitraan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara hybrid, di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo dan zoom meeting, Sabtu, 4 Desember 2021.

Di kegiatan yang dihadiri oleh dosen dan juga keempat belas mitra MBKM, Kaprodi S1 Manajemen, Dr. Atmaji, MM menyampaikan, MBKM intinya memberikan peluang bagi mahasiswa untuk belajar di luar kampus maksimal 3 semester .

Dengan adanya MBKM, maka prodi sebagai pelaksana Tri Dharma Perguruaan Tinggi harus segera merespon karena itu hak mahasiswa. Prodi harus menyediakan hak itu dimulai dengan merekonstruksi kurikulum.

“Kurikulum yang ada di Prodi S1 Manajemen FEB UNS mengakomodasi mahasiswa,  apakah akan mengambil kurikulum yang sifatnya konvensional, kuliah di kampus saja. Pak Menteri mengibaratkan mahasiswa yang seperti itu hanya berenang di satu kolam renang. Di sisi lain Prodi Manajemen mendesain kurikulum yang mengakomodasi mahasiswa mengikuti MBKM.“ jelasnya

Dengan mengikuti MBKM, mahasiswa akan memperoleh wawasan yang sangat luas. Mahasiswa diberi hak untuk mengambil MBKM sesuai pasion masing-masing.

“Dalam hal ini, Prodi S1 Manajemen alhamdulillah telah memberangkatkan mahasiswa ke 8 bidang MBKM yang barangkali belum dilaksanakan oleh prodi lain di UNS.” ungkapnya. ‘

Mudah-mudahan akan semakin banyak mahasiswa memahami makna dan fungsi MBKM dalam menggodok dirinya sehingga lebih banyak lagi mitra yang kami gandeng serta mahasiswa mendapatkan ilmu yang lebih luas.

Dr. Atmaji juga mengucapkan terima kasih kepada para mitra yang telah menerima mahasiswa Prodi S1 Manajemen untuk kuliah di intansi mitra.  Dikarenakan MBKM perlu payung hukum,  maka di kegiatan ini juga dilaksanakan perjanjian kerjasama (PKS)  antara UNS dengan intansi mitra MBKM.

Sementara itu, Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan, Prof. Dr Izza Mafruhah, SE, M.Si mewakili sambutan Dekan mengatakan Prodi S1 Manajemen sangat beruntung menjadi salah satu prodi yang lolos dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), sebuah Program Hibah Bersaing terkait Implementasi Kampus Merdeka pada Perguruan tinggi yg dibiayai Dikti.

“Prodi S1  Manajemen memberikan peluang paling banyak bagi mahasiswa untuk mengikuti MBKM, jenis MBKM nya lebih komplit dibandingkan dengan prodi yang lain. Hal ini menyebabkan, prestasi mahasiswa kita naik cukup tinggi, baik pada level fakultas, universitas maupun prodi” ungkapnya

Prof. Izza juga menyampaikan penghargaan kepada Bapak Ibu mitra yang sudah bekerjasama dengan Prodi S1 Manajemen untuk menerima mahasiswa melakukan aktifitas magang maupun aktifitas lain kaitannya MBKM yang ada di FEB UNS.

Lebih lanjut dikatakan Prof. Izza, jika sebelumnya kita bersaing di liga BLU, maka di liga PTNBH, persaingan prestasi akan semakin ketat. Namun tidak mengapa karena mahasiswa-mahasiswa FEB dengan dukungan dari Bapak Ibu Dosen dan dukungan kebijakan fakultas dan  univeritas maupun prodi akan mampu bergerak dan melakukan aktifitas yang lebih bagus lagi. (Humas FEB).