23 Jul 2024

Yong Dirgiatmo Lulus Program Ph.D Bidang Sistem Informasi di UUM Malaysia

Yong Dirgiatmo, salah satu tenaga pengajar di Fakultas Ekonomi dan  Bisnis Universitas Sebelas Maret (FEB UNS) Program Studi Manajemen  telah dinyatakan lulus program Ph.D Bidang Sistem Informasi pada jurusan Akuntansi di Tunku Putri Intan Safinaz, School of Accountancy (TISSA), Universiti Utara Malaysia (UUM), Malaysia, Selasa, 21 Januari 2020.

Kelulusan tersebut diumumkan setelah Yong Dirgiatmo mampu mempertahankan disertasinya di hadapan  tiga tim penguji (VIVA VOCE). Diantara ketiga penguji tersebut, hadir  Prof. Nor Asiah Omar dari Universiti Kebangsaan Malaysia sebagai penguji eksternal.

Kepada Media FEB UNS, Yong menyampaikan bahwa topik yang dipilih  dalam disertasinya mengenai peran penggunaan media sosial untuk peningkatan kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) manufaktur di Indonesia yang dimediasi oleh orientasi kewirausahaan.

“Inti dari disertasi saya, membahas tentang bagaimana meningkatkan kinerja UKM manufaktur melalui pemberdayaan orientasi kewirausahaan yang dimiliki pemilik atau manajer UKM melalui penggunaan media sosial” paparnya.

Area penelitian meliputi UKM manufaktur di wilayah Eks Karesidenan Surakarta, dengan mengambil sampel sebanyak 220 UKM yang menjalankan usaha di bidang batik dan  bahan batik; sarung dan tenun; mebel kayu dan rotan; cor logam dan tembaga; makanan kering dan keju; tas dan sepatu, gitar, serta herbal.

Dari hasil temuannya, UKM manufaktur bisa memberdayakan orientasi kewirausahaan yang dimilikinya dalam bentuk kreativitas, inovasi, lebih berani mengambil risiko dan lebih siap bersaing di pasar, khususnya pasar online, melalui optimalisasi penggunaan media sosial.

Dengan media sosial UKM dapat lebih bisa melayani dan memberi kepuasan kepada konsumen, yang pada akhirnya bisa meningkatkan kinerja usahanya, baik keuangan maupun non-keuangan.